Jatim Puspa Gelontorkan Ratusan Juta Dua Desa di Sampang

Kantor DPMD Kabupaten Sampang

Sampang, Bhirawa
Pada 2024 ini, Pemprov Jatim mengalokasikan anggaran program Jawa Timur Pemberdayaan Usaha Perempuan (Jatim Puspa) untuk dua desa di Kabupaten Sampang.

Dua desa yang mendapatkan manfaat program Jatim Puspa itu, yakni, Desa Plampaan, Kecamatan Camplong dengan nilai pagi Rp125 juta, dan Deas Jrengoan, Kecamatan Omben senilai Rp143 juta.

Kasi Pemberdayaan Lembaga dan Usaha Ekonomi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang, Jupri mengatakan, tahun ini sasaran wilayah penerima program Jatim Puspa di Sampang makin berkurang dibanding dengan tahun 2023 kemarin yang jumlahnya sebanyak 3 desa. Sedangkan, sasaran program ini hanya untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) graduasi PKH.

Anggaran program tersebut ditransfer langsung ke rekening desa, dan oleh pihak desa dibelanjakan berupa barang sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing KPM Jatim Puspa itu sendiri. “Bantuan untuk masing-masing KPM program Jatim Puspa di dua desa itu dianggarkan senilai Rp 2,5 juta. Anggaran tersebut bersumber dari APBD Pemprov Jatim Tahun Anggaran 2024,” ujar Jupri, Rabu (15/5).

Namun sayang Jupri enggan membeberkan jumlah data penerima program Jatim Puspa di masing-masing desa tersebut, dengan dalih takut jadi fitnah karena saat ini masih proses verifikasi di lapangan.

“Data KPM program Jatim Puspa 2024 masih belum final karena masih proses verifikasi di desa. Namun, diharapkan bantuan ini dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga lebih mandiri melalui usaha yang dikembangkan,” pungkas ucap Jupri. [lis.iib]

Tags: