Jatim Tuan Rumah Pertemuan Gubernur se-Indonesia

Pemprov, Bhirawa
Provinsi Jatim akan mendapat kepercayaan sebagai tuan tumah pertemuan gubernur se-Indonesia dalam rangka Round Table Dialog (RTD) IV Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Surabaya, 12 Maret 2014.
“Para kepala daerah akan duduk bersama membahas peningkatan pembangunan infrastuktur, pelayanan transportasi, kesehatan dan sebagainya,” ujar Sekdaprov Jatim Dr H Akhmad Sukardi MM saat Rapat Persiapan Round Table Dialog IV APPSI di Provinsi Jawa Timur di Ruang Kadiri Kantor Gubernur Jatim, Rabu (5/3).
Menurut Sukardi, tujuan diselenggarakannya pertemuan tersebut untuk memberikan rekomendasi regulasi maupun usulan program kepada Pemerintah Pusat, terkait topik bahasan guna percepatan pembangunan di wilayah provinsi masing-masing.
Dalam pertemuan nantinya, Gubernur Jatim Dr H Soekarwo SH, MSi yang juga tercatat sebagai salah satu Ketua APPSI akan memberi sambutan ucapan selamat datang kepada sekitar 150 peserta atau undangan. Di samping para gubernur yang tergabung dalam APPSI, peserta juga akan diikuti pendamping Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang disesuaikan dengan topik bahasan diskusi.
Sedangkan para narasumber yang dihadirkan terdiri dari sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II dan Ketua Badan Anggaran DPR RI, serta Ketua Komisi V DPR RI.
“Panglima TNI Jenderal Moeldoko juga akan memberikan pengarahan dan pembekalan sebagai narasumber,” kata mantan Asisten IV Bidang Administrasi Umum Sekdaprov Jatim tersebut.
Sejumlah menteri yang menjadi narasumber yakni Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, dan Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri.
Selanjutnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, serta Ketua Banggar DPR RI Ketua Banggar Ahmadi Noor Supit, dan Ketua Komisi V DPR RI Laurent Bahang Dama.  [iib]