Jelang Masa Purna Tugas Plt Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi

H Yoyok Mulyadi bersama istri Hj Sri Susilowati dan dua puteranya tampil kompak usai menggunakan hak pilihnya pada pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu. [sawawi]

Tak Mau Terjun ke Politik, Pilih Bertani dan Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga
Kabupaten Situbondo, Bhirawa
Pada 17 Februari 2021 mendatang, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati sekaligus Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi, akan memasuki purna tugas sebagai orang nomor satu sekaligus orang nomor dua di lingkungan Pemkab Situbondo. Kemana pilihan Plt Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi setelah tidak menjabat sebagai top leader di Situbondo?. Yoyok Mulyadi mengaku punya dua pilihan yang unik. Apa saja ?.
Saat itu, Plt Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi memberikan sambutan pada peresmian kerjasama PT Sorgum Indonesia dengan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Stubondo. Plt Bupati kala itu didaulat membuka acara yang di pusatkan di lahan benih milik Pemkab Situbondo. Ini dilakukan sebagai pondasi dasar pengembangan tanaman sorgum bersama petani Situbondo dengan PT Sorgum Indonesia. “Dalam MoU ini Semuanya sudah di siapkan oleh PT Sorgum Indonesia. Mulai bibit, pemasaran dan tehnologinya,” ujar Yoyok Mulyadi.
Yoyok Mulyadi mengakui, pondasi awal pengembangan sorgum di Kota Santri Situbondo digagas oleh almarhum Bupati Situbondo Dadang Wigiarto pada awal tahun 2020 silam. Bahkan berkat tangan dingin Bupati Dadang kala itu, Kabupaten Situbondo kini menjadi salah satu penghasil tanaman sorgum terbesar di Tanah Air. “Alhamdulillah kami (Kabupaten Situbondo) mendapatkan apresiasi tertinggi dari PT Sorgum Indonesia berkat tanaman sorgum ini,” sebut mantan Kepala DPU-PR Kabupaten Situbondo itu.
Disela-sela memberikan sambutan, Plt Bupati Yoyok Mulyadi yang asli kelahiran Situbondo itu menyampaikan masa kerjanya sebagai pimpinan Pemkab Situbondo akan habis pada 17 Februari 2021 mendatang. Secara khusus Plt Bupati Yoyok bahkan meminta kepada penggantinya untuk meneruskan program yang telah ia rintis bersama almarhum Dadang Wigiarto.
Seperti yang diketahui, Yoyok Mulyadi sudah sukses menjalani tugas satu periode bersama almarhum H dadang Wigiarto, memimpin Kabupaten Situbondo mulai 2016-2021. “Kalau anda tanya potret prestasi kami, lihat sendiri bagaimana Kabupaten Situbondo lima-sepuluh tahun yang lalu dengan kondisi saat ini. Pasti ada banyak kemajuan yang sudah dicapai,” ulas Plt Bupati Yoyok.
Plt Bupati Yoyok yakin, penggantinya tidak akan melupakan deretan prestasi tertinggi baik nasional maupun prestasi regional. Bagi Yoyok, sejumlah prestasi seperti smart city, prestasi peternakan dan prestasi unggulan lain sangat fenomenal karena bisa mengangkat nama Situbondo hingga ke level terbaik.
Namun demikian, aku mantan Kabid Bina Marga pada DPUPR Kabupaten Situbondo itu, capaian prestasi ini juga berkat kinerja semua elemen dan semua OPD di Pemkab Situbondo. “Saya sangat mengapresiasi hasil kinerja semua OPD Kabupaten Situbondo sehingga bisa sukses mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi bagi Kota Santri ini,” kupas Yoyok Mulyadi .
Usai tidak menjabat lagi Yoyok pun berjanji, akan fokus menekuni profesi sebagai petani dan total berkumpul bersama keluarganya. Pilihan ini menjadi target Yoyok karena ia sudah lama terjun di bidang pertanian.
“Ya saya akan menekuni profesi sebagai petani dan akan total bersama anak, istri dan keluarga dalam menikmati hidup. Alhamdulillah saya sudah selesai memimpin Kabupaten Situbondo selama lima tahun lamanya,” tegas pria yang resmi menjabat Plt Bupati Situbonso setelah Dadang Wigiarto wafat terkena virus corona November 2020 lalu.
Pria bersahaja itu kembali berkomitmen setelah pensiun dari jabatan Plt Bupati Situbondo tidak akan terjun menjadi politisi seperti banyak dilakukan para pejabat di daerah lain. Pasalnya, aku Yoyok Mulyadi, ia sangat tidak tertaik terjun dalam politik praktis atau menjadi wakil rakyat di gedung DPRD Kabupaten Situbondo. “Ya untuk sementara ini saya belum tertarik kesana (politik praktis). Sebab saya kadung cinta kepada sektor pertanian,” jelas Yoyok Mulyadi.
Kini, urai Yoyok, ia masih terus eksis bekerja saat memasuki detik detik purna tugas yang tinggal sepekan kedepan. Ia mengaku sudah meletakkan pondasi yang baik selama menjabat Wakil Bupati Situbondo. Sebelum memasuki purna tugas sebagai orang pertama sekaligus orang kedua di lingkungan Pemkab Situbondo, Yoyok Mulyadi sempat mengikuti kontestasi pilkada tahun 2020, namun kalah suara dengan pesaingnya, Karna Suswandi.
Yoyok sekali lagi memastikan dan mengaku akan tetap fokus dan memilih berkumpul bersama keluarga. Pasalnya, aku Wabup Yoyok, dirinya sudah cukup lama menekuni birokrasi sejak masih berusia muda. “Setelah tidak menjabat Plt Bupati dan Wabup Situbondo saya akan berkonsentrasi bersama keluarga. Sebab sudah lama sibuk dengan pemerintahan dan melayani masyarakat Kota Bumi Salawat Nariyah ini,” aku Yoyok.
Yoyok menuturkan, selain akan berkumpul bersama keluarga ada banyak pekerjaan lain yang sudah menunggu. Misalnya saja menggarap tanaman padi dan palawija di sawah. “Ya saya tidak mau kemana mana dulu dan konsentrasi bersama keluarga. Untuk sementara ini saya belum tertarik terjun ke sektor yang lain,” papar Wabup Yoyok.
Lebih jauh Wabup Yoyok menuturkan, ia bekerja sebagai PNS mulai dari usia 29 dan memilih pensiun dini pada usia 55 karena mengikuti pilkada bersama Bupati Dadang Wigiarto tahun 2016 silam. Nah setelah tidak menjadi pejabat lagi, Wabup Yoyok berjanji untuk menikmati hidup bersama keluarga. “Saya kalau akhir pekan selalu berkeliling. Kadang kala tinggal di rumah Bondowoso, Jember dan Surabaya,” pungkas Yoyok.
Edi Wahyudi, koleganya yang sekaligus menjabat Ketua DPRD Kabupaten Situbondo menilai kinerja Yoyok Mulyadi baik sebagai Wakil Bupati maupun Plt Bupati Situbondo cukup berprestasi. Selain sosoknya baik dan pandai bergaul, Yoyok mulyadi juga dikenal piawai merangkul semua elemen di Kabupaten Situbondo.
Mantan jurnalis itu menambahkan, ada banyak catatan bagus saat berduet dengan almarhum Dadang Wigiarto tatakala memimpin Kabupaten Situbondo sejak 2016-2021 lalu. “Saya sebagai partner dari kalangan legislatif sangat mengapresiasi kiprah Plt Bupati Yoyok Mulyadi,” ungkap mantan Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Situbondo itu. [sawawi]

Tags: