Jelang Musyawarah Wilayah PAN Jatim, Loyalis Zulhas Mencuat

Suli Da’im

PAN Jatim, Bhirawa
Jelang Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur, sejumlah nama dalam bursa kandidat Ketua. Di antaranya, Achmad Rubaie, yang kini dicalonkan sebagai Ketua PAN Jatim periode berikutnya.

“Mayoritas DPD (Dewan Pimpinan Daerah) kabupaten/kota menginginkan Pak Achmad Rubaie menjadi Ketua DPW PAN Jatim periode berikutnya,” kata Wakil Ketua Komite Pemenangan Pemilu Wilayah (KPPW) DPW PAN Jatim, Suli Da’im ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (22/7).

Achmad Rubaie saat ini menjabat Ketua KPPW DPW PAN Jatim. Mantan Anggota DPR RI pernah mencalonkan sebagai kandidat Wakil Bupati Gresik pada pilkada 2015 lalu.

Diakui oleh Suli, bahwa Achmad Rubaie merupakan barisan pendukung Zulkifli Hasan (Zulhas) pada Kongres PAN awal tahun ini. Bahkan, Achmad Rubaie menjadi penggalang barisan dukungan dari 13 DPD Kabupaten/Kota di Jawa Timur untuk Zulhas.

Hasilnya pun berbuah manis, Zulhas kembali terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode kedua. Padahal, DPW PAN Jatim sempat menyebut seluruh DPD di Jatim mengikrarkan dukungan kepada rival Zulhas, Mulfachri Harahap.

“Selain mendapatkan usulan dari pengurus kabupaten/kota, Pak Rubaie juga berkomunikasi intens dengan Ketua Umum. Hal ini tak sulit sebab Pak Rubaie memang gerbong Ketua Umum dari Jatim,” kata Suli yang turut mendukung Zulhas tersebut.

Selain dikawal 12 DPD Kabupaten/Kota yang sebelumnya mendukung Zulhas, Suli juga meyakini Rubaie akan didukung oleh seluruh pengurus DPD lainnya. “Minggu depan kami akan bertemu dengan seluruh pengurus DPD,” terangnya.

Suli menjelaskan beberapa target PAN Jatim di bawah kepemimpinan Rubaie ke depan. Di antaranya, mengembalikan jumlah kursi PAN di DPRD Jatim.

Yang mana, pada pemilu 2019 jumlah kursi PAN berkurang dari pemilu sebelumnya (7 menjadi 6 kursi). Padahal, akumulasi jumlah kursi DPRD Jatim bertambah dari yang sebelumnya, 100 menjadi 120 kursi.

Selain itu, PAN Jatim juga akan menjadi partai terbuka, khususnya menerima masukan dari para pengurus. “Semangatnya kebersamaan untuk membesarkan partai,” kata Suli.

“Bang Zul (Zulhas, Ketua Umum PAN) juga berpesan agar kami menjalin hubungan yang baik. Tujuan kami menjadi perpanjangan keinginan masyarakat,” katanya.

Kepemimpinan Rubaie nantinya juga akan menerima para loyalis Mulfachri di Kongres lalu. Sekalipun, PAN Jatim menjadi motor pendukung Mulfachri terhadap DPW PAN lainnya.

“Kami sudah belajar dari konflik yang tak pernah tuntas. Kami ingin menyampaikan bahwa riak menjadi dinamika yang lazim ditemui di dalam partai dan itu sudah berlalu. Kami ingin membangun kembali partai yang sehat,” tegasnya.

Oleh karenanya, kubu Rubaie pun mempercayakan kepada Ketua DPW PAN Jatim saat ini, Masfuk untuk menentukan Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) Muswil. Termasuk, berkoordinasi dengan DPP untuk menentukan waktu pelaksanaan Muswil.

“Kami mempercayakan kepada Ketua DPW PAN untuk memilih SC dan OC serta penjadwalan. Hal ini sebagai bentuk kebesaran hati sekaligus penghormatan kepada Ketua PAN Jatim saat ini,” kata Suli yang juga mantan Anggota DPRD Jatim ini.

Rencananya, Muswil PAN Jatim yang berlangsung daring (virual) tersebut paling lambat dilaksanakan pada 9 Agustus 2020 mendatang. Mengingat masa jabatan DPW PAN saat ini selesai pada 10 Agustus 2020.

Sebelumnya, Ketua DPW PAN Jatim, Masuk, kini tengah merancang kepanitiaan Muswil tersebut. “DPW telah bersepakat bahwa pemilihan Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) Muswil dipercayakan kepada kami,” kata Masfuk ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin (20/7/2020).

SC maupun OC nantinya akan memilih tim formatur. Tim formatur yang juga diisi oleh perwakilan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) akan menentukan Struktur DPW ke depan, termasuk Ketua DPW PAN Jatim periode berikutnya.

Dengan kata lain, Ketua DPW PAN Jatim terpilih harus mendapatkan restu dari Ketua Umum PAN saat ini, Zulkifli Hasan. “Setelah OC dan SC ada, siapa pun kader PAN boleh mendaftar sebagai calon Ketua DPW. Namun, prinsipnya yang menentukan Ketua DPW terpilih adalah DPP,” kata Masfuk. [geh]

Tags: