Jelang Nataru di Kabupaten Probolinggo, Tim Gabungan Siaga di 5 Pos Pengamanan

Kapolres Kota AKBP R.M. Jauhari mengecek pos pengamanan Nataru.[wiwit agus pribadi/bhirawa]

Kab.Probolinggo, Bhirawa
Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini terasa berbeda. Pasalnya masih berada di tengah situasi Covid-19. Di situasi pandemi, Polres Probolinggo bersama petugas gabungan tetap berupaya mewujukan pengamanan.

Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan, Rabu (23/12) mengatakan bahwa upaya ini dilakukan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan saat Nataru. Kendati perayaan Natal berada di tengah keterbatasan, perlu ada jaminan keamanan agar dapat terlaksana dengan nyaman.

“Segala sarana dan prasarana pengamanan natal dan tahun baru sudah kami persiapkan,” ujarnya.

Pengamanan dilakukan dengan mendirikan 5 pos yang terdiri dari Pos Pengamanan di Paiton dan Kraksaan; Pos Pelayanan di Exit Tol Leces; serta Pos Pantau di Rest area tol dan jalan Malasan. Untuk memaksimalkan pengamanan petugas gabungan juga terlibat dalam melaksanakan pos pengamanan. Terdiri dari TNI, Dinkes, Dishub, Satpol PP, PMI, Pramuka, Orari dan Senkom. Personel gabungan yang sudah dibentuk akan bertugas dalam tiga shift.

“Pos Operasi Lilin Semeru ini disiapkan menyebar di 5 titik masuk Kabupaten Probolinggo dan tempat keramaian tujuannya dapat melayani masyarakat dengan cepat. Selama 15 hari mulai 21 Desember sampai 4 Januari 2021 akan bersiaga,” katanya.

Kapolres tetap mengimbau kepada masyarakat agar protokol kesehatan dipatuhi. Tidak merayakan perayaan Natal dan Tahun Baru dengan melakukan aktivitas yang menyebabkan kerumunan seperti yang biasa dilakukan. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan penyebaran virus. Langkah untuk mencegah kerumunan dan penyebaran Covid-19 perlu diterapkan dengan baik agar pandemi cepat berakhir.

“Operasi ini tetap mengedepankan protokol kesehatan. Memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak lebih diperhatikan. Semoga natal dan tahun baru kali ini dapat berjalan dengan kondusif,” tutur Ferdy.

Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), demikian pula dengan Polres Probolinggo Kota, semakin meningkatkan pengamanannya. Upaya pencegahan terhadap sebagai bentuk kejahatan terus dilakukan.

Salah satunya dengan mendirikan sejumlah pos pengamanan.
Kapolres Probolinggo Kota AKBP R.M. Jauhari mengecek langsung sejumlah pos di wilayah hukumnya. Di antaranya, tiga Pos Pengamanan, satu Pos Pelayanan; dan dua Pos Terpadu.

Sejumlah pos itu didirikan di titik-titik yang dianggap ramai. Baik ramai perbelanjaan, ramai arus lalu lintas, maupun ramai peribadatan, jelasnya.
Jauhari memastikan, sejumlah pos pengamanan pelayanan terpadu yang berfungsi dalam melayani serta menjaga keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas selama Nataru, sudah siap.

“Dengan adanya pos ini, kami bersama anggota akan mewaspadai setiap kejahatan. Baik terorisme, kejahatan jalanan di malam hari, dan kecelakaan lalu lintas,” lanjutnya.

Ia juga mengingatkan anggotanya agar terus membina solidaritas dan sinergitas dengan TNI, Pemkot Probolinggo, dan elemen masyarakat yang terlibat pengamanan.

“Kami akan memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru di Kota Probolinggo, berjalan dengan aman dan lancar. Seluruh personel kepolisian sudah ditempatkan di gereja-gereja dan melakukan sterilisasi,” tegasnya.

Tak hanya, ia juga mengingatkan masyarakat untuk senantiasa menaati protokol kesehatan pencegahan penulan Covid-19.

“Sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, kami harus selalu mengingatkan untuk ketat dan disiplin dalam beraktivitas, khususnya di tempat-tempat yang memunculkan kerumunan. Yang jelas, kami tidak mengizinkan adanya kegiatan dalam bentuk apapun untuk memperingati Nataru yang menimbulkan kerumunan,” tambahnya. (Wap)

Tags: