Jelang Pemilu 2024, Pemkab Jombang Gelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Satlinmas

Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Satlinmas yang digelar oleh Pemkab Jombang melalui Satpol PP Kabupaten Jombang, Rabu (06/12).

Jombang, Bhirawa.
Menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Jombang menggelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Gedung Serbaguna Kantor Desa Sengon, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Rabu (06/12).

Kegiatan yang dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Jombang, Sugiat ini dihadiri asisten, staf ahli, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jombang dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkup Pemkab Jombang serta para pelatih, narasumber, dan para komandan peleton dan anggota Satlinmas.

Penjabat Bupati Jombang Sugiat dalam memberikan motivasi dan arahannya kepada Satlinmas berharap, kegiatan sosialisasi bermanfaat bagi anggota Satlinmas khususnya dalam menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan ketrampilan serta kualitas dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Jombang yang serba dinamis sesuai dengan tuntutan dan dinamika kehidupan.

Sugiat menambahkan, salah satu tugas pokok dan fungsi Linmas harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat.

Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah Kabupaten Jombang.

“Saya berpesan kepada Satlinmas untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tepat atas segala ancaman, gangguan, halangan, tantangan terkait ketertiban umum dan ketentraman yang terjadi di tengah masyarakat,” kata Sugiat.

“Selain itu, selalu peka terhadap segala bentuk perubahan-perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Sehingga kita dapat melakukan langkah-langkah antisipatif untuk menghindari dampak yang lebih besar,” imbuh Penjabat Bupati Jombang.

Penjabat Bupati Jombang juga berperan agar para anggota Satlinmas meningkatkan disiplin dan dedikasi dalam tugas serta meningkatkan jejaring kerja, baik dengan anggota satuan polisi pamong praja maupun unsur-unsur lain yang mendukung tugas dan fungsi di lapangan.

“Begitu juga dalam pelaksanaan Pemilu nantinya, tugas Satlinmas adalah menjaga ketenteraman dan ketertiban masyarakat, memelihara dan menjaga keamanan TPS, menjaga keamanan barang-barang keperluan Pemilu, serta membantu aparat penyelenggara dalam mengamankan dan menertibkan pelaksanaan Pemilu,” bebernya.

Penjabat Bupati Jombang juga mengimbau kepada segenap komponen untuk bersama-sama menjalin kerjasama agar ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dapat memecah belah bangsa bisa teratasi.

“Serta merubah paradigma dan meninggalkan pola pikir dari dilayani ke melayani,” tandasnya. Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Jombang, Thonsom Pranggono menyampaikan, kegiatan ini digelar dalam rangka peningkatan kapasitas Satlinmas di Kabupaten Jombang untuk mendukung pengamanan pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada 2024.

“Sosialisasi akan berlangsung hari ini dan besok, diikuti oleh para Komandan Peleton Satlinmas dari masing masing desa dan satu anggota yakni dari 302 desa 4 kelurahan,” jelas Thonsom Pranggono.

Dikatakannya, melalui kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Satlinmas jelang Pemilu, Pilpres, Pemilukada 2024 ini, pihaknya ingin mengetahui kesiapan Satlinmas.

“Dalam menghadapi segala ancaman, gangguan, halangan, tantangan terkait ketertiban umum dan ketentraman yang terjadi di tengah masyarakat menghadapi hajat nasional,” pungkasnya. [rif.dre]

Tags: