Jelang Pilkada, Kelurahan Ardirejo Situbondo Gelar Apel Pengamanan TPS

Lurah Ardirejo Rocky Syahbana S.Sos saat memimpin apel pengamanan TPS menjelang pilkada 9 Desember 2020, dilapangan SMPN 4 Panji Jumat (04/12). (sawawi/bhirawa)

Didukung TNI/Polri, Tomas, Toga dan Penyelenggara Pilkada
Situbondo, Bhirawa
Lima hari menjelang pemilihan bupati dan wakil bupati Situbondo, Kelurahan Ardirejo Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo mengadakan apel pengaman dan ketertiban bersama tiga pilar, Jumat (4/12). Acar apel yang disesuaikan dengan protokol kesehatan itu dihelat di lapangan SMPN 4 Panji dengan melibatkan unsur Satlinmas, penyelenggara pilkada (Bawaslu dan KPU) serta dari jajaran tokoh agama (toga) dan tokoh masyarakat (tomas).

Lurah Ardirejo Rocky Syahbana mengatakan, sesuai UU Nomor 7 tahun 2017, pengamanan di TPS diserahkan kepada Satlinmas dimasing masing daerah. Menyikapi aturan itu, lanjut Rocky, ia melakukan sinergitas dengan melibatkan perwakilan Pemkab TNI/Polri dan tokoh masyarakat bersama tokoh agama setempat. “Kegiatan ini diharapkan bisa mengkondusifkan suasana Situbondo dan dapat menghindari adanya isu SARA serta mencegah beredarnya berita hoak yang tidak diinginkan bersama,” ulas mantan Sekretaris Lurah Patokan itu.

Dalam hal Ini, terang Rocky, Kantor Kelurahan Ardirejo menyiapkan satuan pengamanan di TPS, karena Satlinmas merupakan ujung tombak dan tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pilkada utamanya di Kabupaten Situbondo. Nah, mengacu pada SE Mendagri Nomor 1465 tahun 2020 disebutkan bahwa Pemkab diminta untuk menyiapkan fasilitas berkenaan dengan pelaksanaan pilkada. “Terkait dengan alat alat pendukung berikut tempatnya harus disesuaikan dengan protokol kesehatan (prokes),” ujar Rocky.

Kedua, lanjut Rocky, untuk satuan pengamanan diserahkan kepada Pemkab dengan leading sektor Satpol PP melalui Kantor Kecamatan masing masing. Tentunya, terang Rocky, pelaksanaan pilkada di masing masing TPS harus menerapkan prokes yang ditopang oleh jajaran Polres dan Polsek se-Kabupaten Situbondo. “Ya melalui SE Mendagri Nomor 1465 tahun 2020 itu selaku perangkat daerah maka Kelurahan Ardirejo menyelenggarakan apel ketertiban dan keamanan di TPS. Kami mengundang sejumlah lintas elemen,” ungkap Rocky

Pengamatan Bhirawa menyebutkan, disela sela apel apel pengamanan dan ketertiban Satlinmas di TPS, Lurah Rocky Syqhbana yang didampingi perwakilan Polsek Panji dan Koramil Panji menyerahkan secara simbolis seragam kaos untuk dipakai saat pencoblosan. Disisi lain, Lurah Rocky bersama TNI Polri juga memberikan himbauan kepada semua elemen masyarakat Kelurahan Ardirejo untuk benar benar menjaga keamanan selama pilkada berlangsung. “Mari kita songsong pilkada ini dengan aman damai dan sejuk,” pungkas Rocky. [awi]

Tags: