Jelang PPDB, Dinas Pendidikan Kekurangan Satu Unit CPU

7-foto B dar-kadikbudpora suyotoKota Madiun, Bhirawa
Persiapan server untuk input maupun output data Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara online jenjang SD hingga SLTA di Kota Madiun, sudah mencapai 90 persen. Hal itu diketahui setelah Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora), Kota Madiun, Suyoto HW, melakukan pengecekan di ruang server yang dipusatkan di SMK Negeri 1 Kota Madiun, Jumat (6/6).
Menurut Suyoto HW, pedoman pelaksanaan PPDB di Kota Madiun sudah diatur dalam Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 13 Tahun 2014. Sedangkan mengenai pagu PPDB, mulai jenjang SLTP hingga SLTA, sama seperti tahun sebelumnya.
Hanya saja, tahun ini ada penambahan 18 lembaga jenjang SD yang juga menggunakan sistem online. Karena itu dengan jumlah CPU yang dimiliki hanya dua unit, sementara yang diperlukan tiga unit maka masih ada kekurangan satu unit.
Menindaklanjuti hal itu, dalam waktu dekat¬† Dinas Pendidikan akan meminta pengajuan tambahan hardware ke pemerintah daerah. “Nanti kalau memang sekiranya diperlukan hardware untuk tambahan, akan kami usulkan lagi supaya ketika masyarakat mengakses tidak ada hambatan. Karena mengacu tahun lalu kan sudah menggunakan tiga CPU. Ini baru ada dua. Jadi tiga CPU itu untuk penyimpanan data, mengolah data dan untuk publish,” ungkap Kadisbupora Kota Madiun, Suyoto HW, kepada wartawan.
Kepala SMK Negeri 1 Kota Madiun, Sigit Dewantoro, membenarkan jika di ruang server hanya ada dua unit CPU. Sedangkan untuk memperlancar akses PPDB secara online, diperlukan penambahan satu unit CPU. Apalagi, mulai tahun ini ada penambahan 18 SD yang juga menerapkan sistem online.
“Harapan kita untuk penambahan di server, utamanya perangkat keras ini sangat kita harapkan. Supaya akses itu bisa lancar. Artinya data yang dikirim dari sekolah ke server ataupun masyarakat yang mengakses menggunakan internet, bisa lancar. Saat ini kita hanya punya dua CPU. Kalau ditambah satu lagi, mungkin nanti akan lebih memperlancar jalannya PPDB ini,” kata Kepala SMKN 1 Kota Madiun, Sigit Dewantoro, kepada wartawan.
Menurutnya lagi, saat ini petugas server sudah mulai memasang Wifi di sejumlah SD untuk mentransfer data dari sekolah satu ke sekolah lain. Terutama menuju server dengan menggunakan jaringan intranet. “Pada H-7 menjelang penerimaan PPDB yang dijadwalkan awal Juli nanti, petugas server kami akan melakukan uji coba penggunaan kemampuan server,” jelas Sigit. [dar]

Keterangan Foto : Kepala Dikbudpora Kota Madiun Suyoto HW (kanan) memeriksa persiapan server untuk input maupun output data Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara online jenjang SD hingga SLTA di Kota Madiun, sudah mencapai 90 persen.  [sudarno/bhirawa]

Tags: