Jelang PTM, Disdikbud Pantau Kesiapan Sekolah di Jombang

Kadisdikbud Jombang, Agus Purnomo memantau persiapan sekolah menjelang pelaksanaan PTM di Kabupaten Jombang 6 April 2021 mendatang, Rabu (24/03). [arif yulianto]

Jombang, Bhirawa
Menjelang pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Jombang, pada 6 April mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang melakukan pemantauan ke sekolah – sekolah untuk melihat kesiapannya.
Pemantauan dilakukan Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang, Agus Purnomo ke 2 SMP di Jombang yakni, SMPN 2 Ploso, Jombang, dan SMPN 1 Tembelang, Jombang, Rabu (24/3).
Menurut Agus Purnomo, pihaknya sudah melakukan pemaparan di depan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jombang dan Bupati serta Wakil Bupati Jombang bahwa, PTM akan direncanakan akan dilaksanakan mulai 6 April. ”Tujuan kami untuk mengecek bagaimana persiapan teman – teman yang ada di satuan pendidikan masing – masing,” ujarnya.
Agus menyampaikan hasil pemantauan yang dilakukan yakni, rata – rata, sekolah – sekolah sudah berkeinginan untuk melaksanakan PTM. Untuk kesiapan sekolah – sekolah sendiri sebagai besar sudah siap. ”Dari sisi prosentase itu, kemarin sudah saya sampaikan ke Forkopimda, 98%, teman – teman sudah siap untuk melaksanakan PTM,” tandasnya.
Kepala Sekolah SMP 1 Ploso, Jombang, Agus Tri Prastyo mengungkapkan, pihaknya sudah siap melaksanakan PTM. Bahkan telah melakukan penataan dari awal, dan semua elemen penunjang PTM juga sudah disiapkan, termasuk juga elemen Protokol Kesehatan (Prokes).
“Termasuk pencuci tangan. Protokol Kesehatannya sudah kita tata semuanya. Kemudian yang terpenting izin dari orang tua, sudah didapatkan. Penataan jam – jam pelajaran sudah kita tata semuanya, Insya Allah siap kita,” ungkap Agus Tri Prastyo.
Untuk izin dari orang tua untuk peserta didik mengikuti PTM sudah ‘dikantongi’ 100%. Orang tua siswa sendiri juga sangat berharap agar anak – anaknya bisa segera masuk sekolah.
“Memang sudah terlalu lama di rumah, sehingga tidak bisa KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) Daring terus, apalagi sekolah – sekolah pinggiran seperti kami yang jangkauan wifi yang kurang sehingga sangat berpengaruh sekali,” tuturnya.
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menyatakan, PTM bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Jombang dipastikan akan dilaksanakan mulai tanggal 6 April 2021 mendatang.
Bupati Mundjidah menegaskan, PTM mulai digelar tanggal 6 April, meskipun pada saat itu merupakan waktu menjelang datangnya Bulan Ramadhan. Tapi setidaknya, ini merupakan pesan kepada masyarakat dan wali murid, Pemkab Jombang sudah siap menggelar PTM. [rif]

Tags: