Jelang Ramadan, Gubernur Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa melakukan pantauan harga dan stok bahan pokok di Pasar Sidoharjo Lamongan, Minggu (4/4).

Pemprov, Bhirawa
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memastikan stok sembako aman menjelang Ramadan . kepastian ini ditegaskan Gubernur Khofifah saat mengunjungi Pasar Sidoharjo lamongan, Minggu (4/4).
“Hari ( kemarin,red) ini saya pastikan kalau stok sembako semua dalam keadaan aman,” kata gubernur Khofifah usai inspeksi di Pasar Sidoharjo Lamongan.
Khofifah menyebutkan, beras menjadi jenis sembako yang stoknya paling aman, bahkan hingga kelebihan suplai. Hal itu dikarenakan saat ini tengah memasuki masa panen.
“Beras malah sekarang over suplai. Gula, daging ayam, telur, juga semua dalam keadaan sangat aman,” tuturnya.
Pada kesempatan kemarin Khofifah juga mengajak masyarakat tidak melakukan pembelian yang berlebihan, demi menjaga keberadaan stok dan stabilitas harga. “Jadi jangan ada yang kemudian memborong berlebihan. Semua kita jaga, Insyaallah semua stabil dan stok aman,” ucap Khofifah
Sementara terkait harga sembako, Khofifah menyebut, saat ini cenderung stabil bahkan ada beberapa di antaranya turun harga.
“Kita lihat sembako stabil, bahkan beberapa komoditas relatif turun harganya. Seperti beras dan telur. Kemudian ada yang di luar sembako masih harganya dinamik, ada cabai misalnya. Mudah-mudahan semuanya tetap terjaga stabil,” kata Khofifah.
Selain untuk memantau harga dan ketersediaan stok sembako jelang Ramadan, Gubernur Khofifah juga bagi-bagi masker pada pengunjung pasar dan juga membagikan sembako dengan didampingi Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi.
Kedatangan Khofifah di Pasar Sidoharjo Lamongan ini masih dalam rangkaian gowes-nya di Lamongan, setelah sebelumnya mengunjungi salah satu sentra UMKM di Lamongan, yaitu IKM shuttlecock di Desa Sidomukti, Kecamatan Lamongan.
Kadisperindag Jatim Drajat Irawan di sela pantauan Gubernur di Pasar Sidoharjo, Lamongan tersebut, menyatakan berdasarkan data di Sistem Informasi Ketersediaan dan Harga Bahan Pokok dan kondisi di riil di pasar menunjukkan pergerakan harga relatif stabil .
Sejumlah komoditas bahan pokok seperti gula dan bawang merah , lanjut Drajat, terpantau stabil. Sementara Komoditas yang mengalami penurunan harga adalah beras, telur , dan cabai rawit merah. “Khusus cabai rawit ini telah terpantau menurun dibanding beberapa waktu lalu . Dari harga Rp120 ribu per kilo saat ini terpantau di Rp 65 ribu per kilo,” terangnya.
Penurunan harga cabai rawit ini, lanjutnya, disebabkan muali panennya sejumlah sentra cabai rawit di Jawa Timur seperti Kediri, Blitar, Bojonegoro dan Malang . “Mudah-Mudahan saat masuk puasa dan lebaran sudah benar-benar stabil karena stoknya tercukupi dari panen,” jelas Drajat.
Sementara terkait ketersediaaan, lanjut pejabat alumnus ITS ini, dari data Disperindag terpantau cukup hingga selama puasa dan Lebaran akan membuat harga stabil dan turun. [aha.gat]

Tags: