Jelang Ramadan, Penjualan Kurma Meningkat

penjual kurma di Ampel Surabaya

penjual kurma di Ampel Surabaya

Surabaya, Bhirawa
Bulan Ramadhan 1437 Hijriah masih satu bulan lagi, namun pedagang kurma di daerah Ampel sudah mulai bisa tersenyum bahagia pasalnya pedang telah mengantongi keuntungan yang mulai meningkat. Omzet penjualan dirprediksikan akan semakin menanjak pada saat memasuki puasa, selain itu pedagang kurma dadakan akan bermunculan yang menyebabkan pasokan kurma akan membanjiri pasaran.
Zubaidah, salah seorang pedagang kurma yang ditemui Bhirawa mengatakan, saat ini penjualan kurma mulai mengalami peningkatan. Kenaikan penjualan bisa mencapai 100% lebih. Tapi saat ini pembelian masih didominasi oleh pembelian dalam  bentuk eceran ketimbang partai besar.
“Untuk bulan ini kenaikannya cukup lumayan mas, kurma yang mengalami kenaikan adalah kurma dengan harga yang murah yang biasanya di bagi-bagikan kepada keluarga atau tetangga. Terutama mereka yang pulang dari Ibadah Umroh dan kehabisan kurma, mereka biasanya membeli di tempat ini. Untuk di bulan biasa, penjualan habis 20 kg, namun keadaan saat ini berbeda, terjadi lonjakan sampai 50 kg lebih,” ujarya, di Pasar Ampel Surabaya, Senin (9/5) kemarin.
Lanjut Zubaidah, semakin menjelang atau masuk dalam bulan Ramadan ia beserta teman-temannya sesama penjual kurma kaki lima telah berencana untuk menjual 30-50 karton. Setiap karton berisi 10 kg, yang dibeli oleh konsumen untuk di jual lagi atau di bagi-bagikan.
“Berdasarkan pengalaman tahun- tahun sebelumnya saya bisa menjual puluhankartonan. Satu karton ada isi 10 sampai 20 kg. Pernah dalam sehari saya bisa menjual 50 karton. Itu terjadi pada H-7 sebelum Lebaran. Alhamdullilah, setiap hari bisa balik modal sudah cukup bagi saya. Untungnya bisa di putar untuk modal lagi,” imbuhnya.
Sementara itu bagi Lia warga Banyururip yang sedang berbelanja kurma mengatakan ia saat ini sedang mencari kurma yang enak dengan harga yang terjangkau. Karena ia mendapatkan tugas dari tempatnya dia bekerja untuk mencari kurma untuk berbuka puasa pada bulan depan.
“Sudah empat tahun ini tugas diemban untuk mencari kurma. Kalau harga dan jenisnya cocok, maka bisa langsung pesan ke penjualnya. Karena pembeliannya juga lumayan besar, sekitar 2 kg per harinya. Jadi di bagi ke bagian admin dan produksi. Meskipun harganya mengalami kenaikan, tapi tidak menjadi masalah,” tuturnya. [wil]

Tags: