Jelang Ramadan, Tiket KA di Blitar Ludes

antri tiketKab Blitar, Bhirawa
Bulan Ramadan masih kurang beberapa minggu, namun seluruh tiket Kereta Api untuk Lebaran di Stasiun Blitar sudah ludes terjual. Psalnya menjelang memasuki bulan Puasa dan Lebaran banyak masyarakat yang menyerbu tiket Kereta Api karena dinilai harganya terjangkau. Hal ini terbukti lebaran masih kurang hampir dua bulan lagi, namun tiket Kereta Api (KA) sudah terpesan semuanya.
Bahkan di stasiun Blitar tiket arus mudik dari Jakarta ke Blitar untuk tanggal 21 sampai 29 JuliĀ  sudah ludes terjual. “Kondisi ini juga terjadi untuk tiket arus balik dari Blitar ke Jakarta untuk tiket tanggal 31 Juli sampai 7 Agustus telah terjual,” kata Kepala Stasiun Kereta Api Blitar, Sunariyo.
Lanjut Sunariyo, menurutnya sejak diberlakukan pemesanan tiket secara online 90 hari jelang keberangkatan, tiket KA lebaran baik kelas ekonomi seperti Matarmaja jurusan Malang Kota Baru – Jakarta Pasar Senin, maupun KA kelas Bisnis seperti Gajayana jurusan Malang – Jakarta Gambir telah terjual. “Dan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat lebaran dilakukan penambahan 2 unit Kereta Api ekonomi maupun eksekutif,” ujarnya.
Sementara terhitung 1 April 2014 diberlakukan tarif bersubsidi, misalnya untuk Kereta Api Matarmaja sebelum subsidi Rp. 130 ribu tarif setelah subsidi tinggal Rp. 65 ribu saja, kemudian untuk Kereta Api Logawa yang sebelumnya harga tiketnya sebesar Rp. 100 ribu tinggal Rp. 50 ribu. “Sementara saat ini masih menggunakan tarif regular atau normal. Namun biasanya jelang Hari Raya, PT KAI pusat akan memberlakukan tarif batas atas bagi KA Eksekutif dan Bisnis,” pungkasnya. [htn]

Tags: