JLS Tahap Dua Selesai, Tingkatkan Potensi Wisata-Ekonomi Malang Selatan

Bupati Malang HM Sanusi saat meninjau pembangunan JLS tahap dua bersama rombongan OPD Pemkab Malang dengan menggunakan mobil jeep, di wilayah Kec Sumbermanjing Wetan, Kab Malang. [cahyono/Bhirawa]

Kab Malang, Bhirawa
Pembangunan Jalan Lingkar Selatan (JLS) di wilayah Malang Selatan tahap dua selesai, maka akan mendongkrak potensi wisata dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar JLS, serta akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa.

Untuk itu, kata Bupati Malang HM Sanusi, Rabu (6/1), kepada Bhirawa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang akan mendukung sepenuhnya pembangunan JLS tahap dua. Karena dengan selesainya pembangunan JLS tahap dua, tentunya sangat berdampak pada peningkatan sektor ekonomi dan sektor wisata di wilayah Malang Selatan. Karena di wilayah tersebut banyak potensi terkait Sumber Daya Alam (SDA), sehingga harus di maksimalkan pengelolaannya.

“JLS telah memprmudahkan trasportasi masyarakat, sehingga akan semakin mudah masyarakat dalam beraktivitas dalam menjual hasil produksi, baik itu di sektor pertanian, perkebunan maupun perikanan,” tuturnya.  

Dirinya berharap, agar pembangunan JLS tahap dua segera selasai dibangun, karena semakin cepat pembangunan JLS tersebut, maka akan cepat berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah Malang Selatan. Dan diharapakna pada tahun 2021 ini, sudah bisa diresmikan penggunaan JLS di wilayah Malang Selatan. Karena pembangunan JLS sudah diselesaikan, yang jelas akses jalan tersebut bisa beritegrasi, khususnya antar destinasi tempat wisata pantai.

“Oleh karena itu, dirinya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk mendukung pengadaan sarana dan prasarana pendukungnya. Sebab, JLS itu sebagai jalan nasional yang panjangnya mencapai 18 kilometer,” jelas Sanusi.  

Dan jika, Bupati melanjutkan, JLS terkoneksi dari Pantai Modangan, Kecamatan Donomulyo hingga Pantai Sendangbiru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, maka dapat mengangkat potensi wisata dan dapat memperkaya khasanah pariwisata kita. Sehingga dengan selesai pembangunan JLS tahap dua ini, nantinya juga akan memperlancar perjalanan pariwisata menuju pantai yang berada di wilayah Malang Selatan. Selain dirinya meninjau langsung pembangunan JLS tahap dua, juga memantau akses infrastruktur jalan mulai dari kawasan Pantai Balekambang, Bantur, hingga Pantai Modangan, Donomulyo.

Disisi lain, Sanusi menambahkan, jika Jembatan Jurang Mayit di wilayah Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang kini sudah dalam penyelesaian pembangunannya. Sedangkan jembatan tersebut merupakan jalan menuju beberapa pantai yang berada di Malang Selatan. Dan sebenarnya, pada bulan Januari 2021 ini, sudah bisa diremikan, hanya saja dirinya meminta untuk ditunda peresmiannnya. Karena dirinya menginginkan agar bangunan jembatan dipasang pagar pembatas jalan, hal itu supaya keamanannya lebih bertambah.

“Peresmian dan pembukaan Jembatan Jurang Mayit itu akan kita lakukan pada pertengahan bulan Mei 2021 mendatang. Penundaan peresmian jembatan tersebut, setelah pemasangan pagar pembatas selesai,” pungkas dia. [cyn]

Tags: