Jokowi-JK Pasangan Ideal Selesaikan Persoalan Bangsa

Jakarta, Bhirawa
Presiden Negarawan Center Johan O Silalahi menilai Joko Widodo dan M Jusuf Kalla pasangan yang pas untuk diduetkan sebagai calon presiden serta wakil presiden 2014 untuk menyelesaikan berbagai persoalan bangsa.
“Situasi Indonesia paska lengsernya SBY mengharuskan Presiden dan Wakil Presiden baru yang akan datang sejak hari pertama memerintah, harus bisa langsung ‘in-action’, berada di depan memimpin bangsa dan negara mengambil keputusan-keputusan yang tepat, cepat dalam upaya menyelamatkan masa depan bangsa dan negara,” kata Presiden Negarawan Center Johan O Silalahi, di Jakarta, Rabu.
Menurut Johan, duet Jokowi-Jusuf Kalla diyakininya untuk menyelesaikan berbagai persoalan bangsa. Johan menegaskan ada beberapa pertimbangan objektif dan komprehensif, mengapa duet Jokowi dengan Jusuf Kalla dapat menjadi solusi masalah bangsa.
“Duet Jokowi dengan Jusuf Kalla, akan saling memberikan kontribusi positif, saling menguatkan. Jokowi diapresiasi rakyat sebagai tokoh yang bersih, punya integritas moral, cenderung sabar dan sangat merakyat. Dikombinasikan dengan Jusuf Kalla yang kreatif, taktis, cepat mengambil keputusan dan sudah terbukti dan teruji pengalamannya memimpin bangsa dan negara,” kata Johan.
Menurut Johan, Jokowi sangat menghormati Jusuf Kalla sebagai senior dan mentor, demikian pula sebaliknya.
Johan juga menilai potensi disintegrasi bangsa masih menjadi ancaman yang harus diantisipasi. Perlindungan terhadap berbagai kelompok minoritas dan perlindungan terhadap realitas pluralisme bangsa merupakan salah satu kelemahan Pemerintahan SBY. Selain itu, tambah Johan, dampak polemik masalah UU Minerba juga berpotensi memicu disintegrasi bangsa di Papua yang kemudian dapat merembet ke daerah-daerah lainnya.  [ant]

Tags: