JSC-Tim Respon Kasus Dinsos Jatim Pulangkan 3 OT Asal Jateng

Tim JSC RK Dinsos Jatim saat pulang 3 OT asal Jateng

Pemprov Jatim, Bhirawa.
Jatim Social Care (JSC)-Tim Respons Kasus Dinas Sosial (Dinsos) Jatim memulangkan empat orang terlantar (OT) yang berasal berbagai daerah di Jawa Tengah. Dari ketiga OT yang dipulangkan, dua di antaranya adalah OT yang terjaring oleh Dinsos Kota Surabaya.

Kedua OT tersebut juga menyandang gangguan jiwa. Merek adalah LPR, warga Desa Bogem, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten dan S, warga Desa Japan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang.

Sedangkan, OT lainnya bernama Na’imatul Nayiroh, warga Desa Gunung Tumpeng, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan.

Sebelumnya, OT ini mengalami sakit dan mendapat pendampingan dari pihak Dinsos Kabupaten Pasuruan saat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil.

Petugas Tim Respon Kasus Nursoleh menjelaskan, setelah menerima pelayanan dari Dinsos kabupaten/kota yang menangani, OT ini kemudian diserahkan ke Dinsos Jatim untuk proses pemulangan.

Pria yang bertugas pula sebagai Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Provinsi Jatim itu juga mengatakan bahwa dalam proses pemulangan OT, pihaknya berkoordinasi dahulu dengan Koordinator TKSK Provinsi Jateng. Yang kemudian informasi itu diteruskan pada Koordinator TKSK tiap kabupaten dari masing-masing OT.

“Kepulangan ketiga OT ini disambut langsung oleh keluarga, perangkat desa, dan Dinsos kabupaten asal masing-masing OT, serta pihak Dinsos Provinsi Jateng,” kata Nursoleh.

Selain pemulangan OT, JSC-Tim Respon Kasus juga sekaligus menjemput OT asal Jatim yang mendapat pelayanan di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Among Jiwo Kota Semarang. [rac.dre]

Tags: