JTL Express Luncurkan JTLShop, One Stop Solution UMKM

Jajaran Board of Director JTL Express, CFO Akhirun nisa, Head of Network Development, Yusuf Nurul Hadi, CO Founder, Aan Purnomo, COO, Baskoro bayudi, CEO JTL Express, Arief effendi, CTO, Bustomy Dewa Indaru, di depan kantor JTL Express Sidoarjo ketika peluncuran JTLShop, One Stop Solution UMKM, Kamis (15/4).

Surabaya, Bhirawa
Membantu mengembangkan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PT Jagad Total Logistic (JTL) Express, perusahaan jasa kurir yang membidik sektor UMKM telah meluncurkan JTLShop platform online.

Head of Network Development JTL Express, Yusuf Nurul Hadi mengungkapkan JTLShop ini diharapkan bisa menjadi jawaban ketika UMKM hendak naik kelas berjualan secara global, aman, nyaman dan tepat waktu sampai ke pelanggan.

“Peluncuran JTLShop, menurut merupakan bukti nyata komitmen dukungan JTL Express terhadap tumbuh dan berkembangnya UMKM, yang mana pada gilirannya memberikan kemudahan pelanggan untuk berbelanja secara online,” terangnya, Kamis (15/4).

Yusuf Nurul Hadi menambahkan JTLShop platform canggih yang mampu membuatkan toko online berbasis web, dilengkapi beragam fitur, seperti Cash on Delivery (COD) dengan harga minimalis. JTLShop mengakomodasi UMKM untuk memperoleh trafik penjualan lewat posting iklan.

Sehingga para pelaku UMKM bisa mengunggah produk yang dijual agar bisa melayani pelanggan secara global. “Pembuatan toko online ini meskipun sangat mudah tapi nampak jelas dedikasi JTL Express untuk secara serius membantu UMKM. Karena kami juga menyediakan layanan pelatihan berkala, asistensi pendampingan dan kegiatan berbasis komunitas yang akan memantapkan derap langkah pelaku UMKM untuk segera meramaikan perdagangan global,” jelasnya.

Selain itu, tambahan fitur yang menggiurkan tertanam di JTLShop, dipastikan bisa menambah eksistensi di kancah platform online jual beli yang sudah sangat marak. Fitur yang memungkinkan pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan secara organik dengan dengan bantuan integrasi lewat kanal optimasi media sosial (whatsapp, instagram, facebook) hingga menggunakan periklanan berbayar yang populer (Fbads, Google Ads) yang mana kesemuanya ini untuk meningkatkan interaksi pelanggan terhadap produk pelaku UMKM.

Selain itu, JTLShop juga memiliki fitur-fitur pengelolaan, antara lain, order masuk dari pelanggan. Sehingga pengalaman belanja pelanggan benar-benar menyenangkan. Kemudian, fitur pengelolaan reseller.

“Tambahan tenaga penjual yang akan menambah laris manisnya penjualan UMKM kini bisa dikelola secara apik. Dan untuk produk, JTLShop memberikan kemudahan pengelolaan untuk produk dalam 1 gudang maupun banyak gudang untuk penyimpanan stok produknya,” ujarnya.

Kelengkapan fitur-fitur dan semua layanan JTLShop berada dalam satu genggaman melalui aplikasi gawai yang siap diunduh oleh pelanggan. Pelanggan langsung bisa berbelanja secara nyaman karena bisa melakukan pembayaran di tempat dan aman karena setiap pengiriman barang ke pelanggan akan langsung menjadi tanggung jawab JTL Express ntuk melakukan pengantaran hingga ke rumah pelanggan.

Pengantaran yang cepat, kata Yusuf Nurul Hadi, merupakan fitur unggulan dari JTL Express yang membuat para pelaku UMKM kepincut menggunakan jasa ekspedisi yang baru berumur 2 bulan ini. Terbukti, hingga saat ini, tercatat lebih dari 540 ribu kiriman tersampaikan dengan baik kepada pelanggan di seluruh Indonesia.

“Yang mana kiriman tersebut hanya berasal dari 58 persen kontribusi aktif dari jaringan penjualan kami yang telah merata di seluruh pelosok Indonesia. Ke depan, kami akan menambah titik layanan baru di sejumlah kota untuk meningkatkan angka kontribusi jaringan aktif sehingga performa layanan JTL Express benar-benar berkualitas dan tepat waktu kepada seluruh lapisan pelanggan,” pungkas Yusuf Nurul Hadi.

Integrasi sistem JTL Express ke berbagai platform online pelanggan juga makin dipermudah. Ini berkat kerjasama dengan platform agregator jasa layanan pengiriman yakni KIRIMINAJA. Begitu pula dengan gateway Info Pengiriman, RajaOngkir.

Layanan prima kepada pelanggan juga tidak luput dari konsitensi koordinasi operasional dan analisa terhadap kebutuhan bisnis distribusi barang ini. Terlebih menghadapi musim liburan Ramadhan dan menjelang Lebaran 2021 yang sudah tinggal menghitung hari, ditambah lonjakan kiriman dari UMKM karena peluncuran JTLShop, JTL Express sudah menyiapkan satu fasilitas gudang di kawasan Bandara Internasional Juanda Surabaya di Waru, Sidoarjo.

Chief Exceutive Officer, Arief Effendy, menjelaskan fasilitas gudang memiliki luasan 1500 M2. Beragam fasilitas yang ada di sini diharapkan mampu menjadikan solusi bagi UMKM di Jawa Timur sehingga barang lebih cepat sampai dan membahagiakan pelanggan.

“Gudang yang beroperasional 24 jam, bahkan saat musim liburan ini berlokasi di Jalan Raya Tropodo No. 74A, Waru Sidoarjo, bisa menjadi pintu gerbang kiriman melalui moda transportasi darat, laut, dan udara. Surabaya maupun Jawa Timur merupakan pangsa pasar yang sangat potensial bagi bisnis jasa kurir karena cukup strategis sebagai lalu lintas perdagangan nasional, terutama di Pulau Jawa. Itu sebabnya, JTL Express optimis bisa berkontribusi luar biasa di bisnis jasa kurir sekaligus memanfaatkan momen libur Ramadhan dan libur Lebaran,” jelasnya. [riq]

Tags: