‘Jumat Berbagi’ Bantu Warga Kampung Meduran Kota Batu

Foto: Warga terlihat tertib mengantri untuk mengambil paket sembako yang disediakan Kampung Meduran Jumat Berbagi, Jumat (24/7).(anas-bhirawa)

Kota Batu,Bhirawa
Bagi warga muslim, hari Jumat selalu dimanfaatkan untuk meningkatkan ibadah. Di masa pandemi, di Kampung Meduran yang ada di Jl.Diran, Kelurahan Sisir, Kota Batu mewujudkan peningkatan ibadah tersebut dengan penyediaan lumbung sembako bagi warga yang membutuhkan. Dan karena hanya diadakan setiap Jumat maka bagi- bagi sembako bagi warga terdampak pandemi ini dinamakan Kampung Meduran Jumat Berbagi.

“Jadi untuk membantu warga yang terdampak pandemi covid-19 ini, kita menyediakan paket sembako yang kita adakan dalam giat Jumat Berbagi. Di sini warga bisa mendapatkan paket sembako gratis seperti beras, gula, sayur- mayur hingga lauk-pauk,”ujar salah satu Ketua RT di Kampung Meduran, Yunus Rachmat, Jumat (24/7).

Adapun di giat Kampung Meduran Jumat Berbagi ini pihak panitia menyediakan hampir 400 paket sembako dan sayur mayur untuk warga yang membutuhkan. Dan giat ini mendapatkan respon luar biasa dari warga terutama yang tengah terdampak pandemi.

Sejak siang warga sudah mulai berkumpul untuk mengambil paket sembako yang disediakan.

“Mereka biasanya jam 13.00 sudah datang. Padahal kami bukanya baru jam 14.00,” jelas ketua panitia Kampung Meduran Jumat Berbagi, Muhajirin.

Selain itu panitia juga menyediakan layanan 40 paket untuk dikirim ke warga yang tidak bisa datang langsung ke lokasi acara. Dalam kurun waktu dua jam, semua paket sembako yang disediakan langsung ludes diambil warga. Setiap warga bisa mengambil 5 hingga 6 jenis sembako beserta sayur dan lauk.

Meskipun warga sangat antusias, protokol kesehatan tetap di berlakukan dalam giat ini. Meskipun ada kerumunan warga, namun mereka tetap menjalankan physical distancing atau jaga jarak.

“Kami juga mengecek suhu badan warga dan juga memberikan handsanitizer sebelum mengambil paket sembako,” tambah Muhajirin.

Sebenarnya, giat Jumat berbagi ini merupakan trasformasi atau perubahan dari giat Lumbung Sembako Meduran Peduli Meduran Berbagi. Di acara tersebut diadakan selama 19 hari di awal masa pandemi Covid-19. Namun sekarang menjadi Meduran Jumat Berbagi karena diadakan setiap hari Jumat.

Meskipun saat ini pembagian bantuan hanya seminggu sekali, namun manfaatnya sangat dirasakan bagi warga terdampak. Salah satu warga Kampung Meduran, Ika mengaku setiap Jumat selalu memanfaatkan giat Kampung Meduran Jumat Berbagai. Ia selalu datang ke sana untuk mengambil paket sembako yang sediakan.

“Nggak hanya dapat beras tapi juga dapat sayur, lauk. Di sini paket yang disediakan lebih lengkap dan sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan memasak,” ungkap Ika. [nas]

Tags: