Jumlah Pengaduan ke Pemkab Gresik Tiap Tahun Turun

Gresik, Bhirawa
Pengaduan masyarakat ke Pemkab Gresik menunjukkan progres cukup signifikan. Berdasarkan data pada Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, tiap tahun jumlah pengaduannya terus menurun.
Berdasarkan data Bagian Humas dan Protokol, tahun 2016 jumlah pengaduan yang masuk sekitar 517. Sementara tahun 2016 hanya 131. ”Dari jumlah pengaduan itu yang sudah ditangani sekitar 80%. Pengaduan itu rata – rata terkait KTP dan kerusakan jalan,” terang Suyono, Kabag Humas Pemkab Gresik, Rabu (14/6).
Turunnya jumlah pengaduan itu tak lepas dari sistem pengaduan online kini sejalan dengan kemajuan teknologi. Selain itu, juga melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, yakni para operator penanganan pengaduan di masing-masing OPD (Organsasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Gresik.
Dikatakan Suyono, sudah menjadi pekerjaan utama bagi Bagian Humas dan Protokol untuk menghimpun segala bentuk pengaduan masyarakan, baik  melalui website www.pengaduan.gresikkab.go.id maupun pengisian form secara manual, untuk disampaikan kepada OPD terkait.
”Sehingga diharapkan OPD terkait secepat mungkin memberikan respon kepada masyarakat yang mengadu. Itu memang kewajiban kami memfasilitasi. Namun, kami harapkan juga kerjasama semua pihak agar sesuai dengan apa yang diharapkan,” ujar Suyono.
Hal itu, lanjut Suyono, memang sudah menjadi keinginan Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto untuk semakin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. ”Pak Bupati ingin pelayanan terhadap masyarakat dilakukan sebaik mungkin,” tutur Suyono.
Pengaduan masyarakat merupakan hal yang penting untuk ditindaklanjuti. Kendati demikian, ada beberapa diantaranya yang memakan waktu. Untuk itu, masyarakat diharap bersabar, jika pengaduan masih dalam tindak lanjut.
Oleh sebab itu, pihaknya mengaku akan terus melakukan koordinasi dan perbaikan-perbaikan terkait penanganan pengaduan itu sehingga masyarakat tidak perlu susah dalam menyampaikan pengaduan maupun informasi terhadap pelayanan yang diberikan Pemkab Gresik. [eri]
Teks foto Kabag Humas Suyono bersama Kasubag Pengaduan, Tiwik  tengah memberi materi terkait penanganan pengaduan. [kerin ikanto/bhirawa]

Tags: