Jumlah Rukun Tetangga Masuk Zona Kuning di Tulungagung Tinggal 195

Vaksin Covid-19 untuk tahap dua saat tiba di Kantor Dinkes Kabupaten Tulungagung, Senin (22/2) malam, sekitar pukul 21.30 WIB.

Tulungagung, Bhirawa
Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung menargetkan tidak ada lagi Rukun Tetangga (RT) yang masuk zona kuning pada pelaksanaan PPKM mikro lanjutan yang dimulai Selasa (23/2). Saat ini setelah pemberlakuan PPKM mikro tahap pertama jumlah RT yang masuk zona kuning berkurang menjadi 195 RT dari yang sebelumnya sejumlah 240 RT.

“Dua minggu kedepan harapannya semua RT di Kabupaten Tulungagung berwarna hijau,” ujar Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, usai acara vidcon rapat evaluasi PPKM mikro di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Selasa (23/2).

Menurut dia, pemberlakuan PPKM mikro tahap pertama sudah dapat dilihat hasil positifnya. Jumlah RT yang berwarna hijau meningkat dari 6.165 pada tanggal 15 Februari lalu menjadi 6.210 per tanggal 22 Februari 2021. Di Tulungagung juga tidak ada RT yang berwarna oranye atau pun merah.

“Hasilnya selama pemberlakuan PPKM mikro tahap pertama cukup signifikan. Lebih kurang dalam 12 hari pelaksanaannya sudah bagus. Tingkat konfirmasi (positif Covid-19) dapat dikendalikan dan yang sembuh pun cukup banyak,” paparnya.

Bupati Maryoto Birowo menandaskan akan lebih mengintensifkan peran stakeholder di setiap desa dan RT dalam penerapan PPKM mikro lanjutan yang rencananya dilaksanakan sampai tanggal 8 Maret mendatang. “Pengintensifan artinya jumlah kegiatan diperbanyak untuk mengurangi penularan virus Covid-19. Kegiatan diperbanyak sampai tingkat RT,” tuturnya.

Sementara itu, terkait vaksinasi Covid-19 tahap dua, Bupati Maryoto Birowo mengungkapkan penyuntikannya secara serentak di Tulungagung akan dimulai pada Rabu (24/2). Termasuk dia sendiri yang akan disuntik vaksin Covid-19 di Pendopo Kongas Arum Kusimaning Bongso bersama para Kepala OPD dan anggota DPRD Tulungagung.

“Besok (hari ini) dimulai vaksinasi tahap dua. Jurnalis dan pedagang pasar juga divaksin,” tuturnya.

Vaksin tahap dua sudah tiba di Tulungagung pada Senin (22/2) malam sekitar pukul 21.30 WIB. Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rohmad, vaksin Covid-19 yang baru datang tersebut berjumlah 1.640 vial.

Sebelumnya, Dinkes Kabupaten Tulungagung sudah melakukan pendataan target sasaran pelayan publik untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Kabupaten Tulungagung. Beberapa lembaga yang dimintai data di antaranya, Polres Tulungagung, Kodim 0807 Tulungagung, DPRD Tulungagung, OPD lingkup Pemkab Tulungagung Terminal Tulungagung, Stasiun Tulungagung, pedagang pasar, tokoh agama, tokoh masyarakat, lansia dan perbankan. (wed)

Tags: