Kabupaten Lamongan Operasikan Mobile Hunter Pemburu Pelanggar Prokes Covid-19

Bupati Fadeli,Kapolres Lamongan AKBP Harun dan Dandim 0812 Lamongan saat Launching Mobile Hunter COVID Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan.(Alimun Hakim/Bhirawa).

Gandeng Komunitas Penegakan Disiplin
Lamongan,Bhirawa 
Satgas Covid-19 mulai mengoperasikan Tim Mobile COVID Hunter untuk melakukan penindakan disiplin terhadap pelanggar protokol kesehatan.

Malam ini juga,Kamis (17/9) langsung menjalankan tugas memburu pelanggar protokol kesehatan. Tim yang dibekali mobil khusus ini memburu pelanggar di jalanan hingga warung kopi dan kafe.

Tugas tim pemburu pelanggar protokol kesehatan dilepas langsung oleh Bupati Fadeli bersama seluruh jajaran Forkopimda di depan halaman Polres Lamongan.

Mobil khusus bertuliskan Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan COVID Hunter ini diisi ole para petugas gabungan.”Tim pemburu pelanggar protokol kesehatan yang beranggotakan unsur TNI, Polri, Satpol PP, Pengadilan dan Dishub melaksanakan tugas yaitu memburu para pelanggar protokol kesehatan di Kabupaten Kamongan,” ujar Kapolres Lamongan AKBP Harun, Kamis (17/9) malam.

Ia menjelaskan, Perburuan terhadap para pelanggar protokol kesehatan melibatkan polisi, anggota Kodim 0814, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan anggota Pengadilan Negeri dan beberapa instansi yang terkait.”jelasnya.

Sementara itu Bupati Fadeli menginginkan supaya masyarakat memahami dengan adanya kwbijakan yang sudah tertuang didalam Perda Provinsi Jatim dan Inpres

“Pada intinya, Pemerintah Kabupaten dan Satgas Covid-19 berupaya untuk meminimalkan kasus sebaran Covid-19,angka kematian dan meningkatkan kesembuhan pasien Covid-19.Ini juga merupakan implementasi dari Inpres nomor 6 tahun 2020 dan Perda Jatim nomor 2 tahun 2020,” terang Bupati Fadeli.

Selain mulai mengoperasikan Mobile COVID Hunter Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan dan menindaknya,Satgas Covid-19 juga mengganndeng para penegak disiplin Protokol Kesehatan untuk di tempatkan di tempat-tempat umum. Tujuanya, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap menaati protokol kesehatan dimanapun berada.

“Kita menggandeng para penegak disiplin prokes yang merupakan dari unsur komunitas – komunitas yang ada di Lamongan. Ini kita tempatkan di tempat-tempat umum untuk memberikan edukasi dan sosialisasi terkait kepatuhan protokol kesehatan,”tandas Fadeli. 

Sedangkan, Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono mengutarakan sebuah pesan supaya para penegak disiplin prtotol kesehatan juga harus dapat disiplin terhadap dirinya sendiri.”Selain kita mendisiplinkan masyarakat, kita harus disiplin secara pribadi dan selallu menjaga kesehatan.Mari kita laksanakan secara humanis dan selesaikan sesuai aturan dan kesepakatan bersama.”tandas Dadim. 

Tim pemburu pelanggar protokol kesehatan menyasar kafe di beberapa titik. Mereka juga menghentikan setiap pengendara yang tidak memakai masker.

Para pelanggar protokol kesehatan nantinya akan langsung disidang di tempat. Mereka yang melakukan pelanggaran tidak memakai masker disanksi denda Rp 50.000. Bagi pelanggar yang tidak membawa uang, KTP mereka disita agar diambil di PN Lamongan. (aha.yit)

Tags: