Kabupaten Sampang Siap Sambut Tim Verifikasi Wistara Provinsi

Rakor Kabupaten sehat di aula Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Sampang

Sampang, Bhirawa.
Pasca meraih penghargaan Kabupaten sehat, tingkat nasional swasti saba wiwerda, kini Kabupaten Sampang tahun 2020 siap menyambut tim verifikasi Provinsi untuk naik tingkat swasti saba Wistara tingkat Provinsi dengan mengajukan dokumen penambahan 7 tatanan kawasan potensi diajukan dalam verifikasi tingkat Provinsi 2020.
Keseriusan pengajuan swasti saba wiwerda Kabupaten Sampang 2020 tersebut, dilakukan rapat kooordinasi (rakor) Kabupaten sehat di aula Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Sampang, bersama sejumlah OPD dan forum sampang sehat (FSS) Kabupaten Sampang.Senin (2/3).
Sutrisno, Kepala bidang pemerintahan dan pembangunan manusia (PPM) Balitbangda Kabupaten Sampang saat memimpin rakor, menjelaskan Kabupaten Sehat merupakan proses keberlanjutan, Kabupaten Sampang sejak 2011 hingga 2019 lalu telah mengikuti penilaian Kabupaten sehat dan terakhir 2019 telah meraih penghargaan tingkat nasional swasti saba wiwerda, dan tahun 2020 ini kita akan naikan pada tingkat swasti saba wistara.
Lanjut Sutrisno, Definisi Kabupaten/Kota Sehat, adalah situasi Kabupaten/Kota bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Adapun katagori Kabupaten Sehat itu ada tiga tingkatan, pertama swasti saba Padapa (pemantapan) minimal 2 tatanan, kedua Wiwerda (pembinaan) minimal 3-4 tatanan, dan ketiga Wistara (pengembangan) minimal 5-7 tatanan.
“Sedangkan indikator pokok Kabupaten Sehat, diantaranya Incident penyakit ISPA, Incident kasus TB Paru, Cakupan Pelayanan air bersih, prosentase penduduk menggunakan jambat sehat, angka bebas jentik, Prosentase rumah sehat, pemanfaatan pelayanan kesehatan dan prosentasi sekolah sehat.
Dari indikator tersebut Kabupaten Sampang akan mengajukan dokumen Wistara tingkat provinsi tahun 2020 ini, oleh sebab itu diharapkan beberapa OPD dan FSS bisa bekerjasama untuk mendorong efektifitas tatanan yang ada sesuai tugas masing-masing.jelasnya.
Sementara Nur Rahmad Ahirullah selaku ketua FSS Kabupaten Sampang, sangat menyambut baik kerjasama setiap OPD untuk menyukseskan Kabupaten Sampang sehat dengan target kami 2021 nanti bisa masuk nasional level swasti saba Wistara.
“Kami di forum sampang sehat sudah memiliki kegiatan rutinitas setiap tahun secara berkala, namun momentum penilaian Kabupaten sehat bersama sejumlah OPD terkait di Kabupaten Sampang akan terus kami lakukan koordinasi dan bekerja sama dalam menyukseskan Kabupaten sehat tingkat Wistara,” tambah dia.
Berdasarkan data Balitbangda Kabupaten Sampang. 7 tatanan kawasan potensi diajukan dalam verifikasi tingkat Provinsi 2020, di antaranya 1. Tatanan kawasan permukiman sarana dan prasarana sehat, 2. Tatanan kawasan kehidupan masyarakat yang sehat dan madiri, 3. Tatanan kawasan kehidupan sosial yang sehat, 4. Tatanan kawasan ketahanan pangan dan gizi yang sehat, 5. Tatanan kawasan pariwisata sehat, 6. Kawasan industri dan perkantoran sehat, 7. Tatanan kawasan sarana lalu lintas dan transportasi sehat.[lis]

Tags: