Kabupaten Sidoarjo Jadi Juara Umum Kejuaraan Catur Jatim 2019

Ketua Harian Percasi Sidoarjo saat menerima piala bergilir juara umum dari Pengprov Percasi Jatim. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Termotivasi pada Kejuaraan Catur tingkat Jatim tahun 2018 lalu yang dapat 3 emas, Pengkap Percasi Sidoarjo giat berlatih sehingga pada Kejuaraan yang sama pada tahun 2019 ini dapat 5 emas sekaligus menyabet juara umumnya.
Ketua Pengcap Percasi Kab Sidoarjo, Drs Mustain, mengatakan dalam kejuaraan rutin tiap tahun itu, tim dari Kab Sidoarjo menurunkan atlitnya untuk mengikuti semua jenis pertandingan.
Yakni kelompok A usia 17 tahun, kelompok B usia 15 tahun, kelompok C usia 13 tahun, kelompok D usia 11 tahun dan kelompok E usia 9 tahun.
“Kita juga menurunkan atlit di nomor senior, nomor ini tidak melihat usia, tapi melihat kemampuan,” kata Mustain, yang juga staf Ahli Bupati Sidoarjo itu, Senin (17/6) kemarin.
Di nomor senior ini salah satu atlit catur Sidoarjo, yakni M.Hadi Supriyanto, berhasil menyumbangkan 1 emas. Hadi Supriyanto, selama ini tercatat sebagai karyawan di PD Aneka Usaha, salah satu BUMD milik Pemkab Sidoarjo.
Disampaikan Mustain, acara yang digelar di Kota Tulungagung itu merupakan acara rutin tiap tahun. Tahun 2019 ini, kemarin digelar dari tanggal 13 sampai 16 Juni. Diikuti 56 peserta se Prov Jatim.
Menurut Mustain, dalam cabang olah raga ini, tim yang dirasa cukup berat dalam persaingan adalah Kota Malang dan Kota Surabaya.
Tim Pengkap Percasi Sidoarjo, kata Mustain, tidak terlalu khawatir dengan bibit atlit caturnya. Sebab diangggap banyak didapat dari siswa di sekolah dan banyak sekolah catur di Kota Sidoarjo. Juga dari mahasiswa dan pekerja yang punya hobi catur.
“Saat di Puslat catur, kita hanya menargetkan dapat 4 emas, eh kok malah dapat 5 emas,” kata Mustain.
Perolehan medali yang didapat tim Percasi Sidoarjo, dalam Kejurprov tahun 2019 sehingga Sidoarjo jadi juara umum adalah, karena dapat 5 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu.
Sedangkan pada kejuaraan 4 tahunan yakni Provpov Jatim 2019 pada Bulan Juli depan, kata Mustain ditargetkan dapat meraih 3 emas. (kus)

Tags: