Kader Posyandu Kota Probolinggo Antusias Manfaatkan Bantuan Sarpras

Aminah Hadi timbang balita di Sumber Wetan dengan timbangan bantuan Sarpras.[wiwit agus pribadi/bhirawa]

Pemkot Probolinggo, Bhirawa.
Penyerahan bantuan sarpras berupa meja dan kursi yang diselenggarakan TP PKK Kota Probolinggo, Kamis (13/1) diberikan kepada enam Posyandu strata Madya. Keenam Posyandu tersebut, yaitu Posyandu Melati di RW 4 Kelurahan Mayangan, Posyandu Melati di RW 2 Kelurahan Curahgrinting, Posyandu janur Kuning 2B di Kelurahan Kanigaran, Posyandu Kemuning di RW 9 Kelurahan Jrebeng Lor, Posyandu Teratai di RW 10 Kelurahan Jrebeng Lor dan Posyandu Melati 1 di RW 2 Kelurahan Kedung Asem.

Para kader, orang tua bayi/balita dan ibu hamil sangat antusias mendapat bantuan sarpras yang diserahkan langsung oleh Ibu Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin. “Alhamdulillah, terimakasih banyak atas bantuan yang diberikan kepada Posyandu kami. Insyaallah, kami akan merawat dan menjaga sarana prasarana ini dengan baik. Dan kedepan, kami akan meningkatkan pelayanan kepada bayi, balita, dan ibu hamil lebih baik lagi. Semoga ibu-ibu sekeluarga diberikan berkah dan kesehatan terus,” ujar Ibu Fatmawati, orang tua balita Rara (3 tahun), Kamis (13/1).

Hal serupa juga disampaikan oleh Ibu Muhati, Ketua Kader Posyandu Melati di RW 2 Curahgrinting Kanigaran, ia mengucapkan terimakasih atas bantuan sarpras yang diberikan, sebanyak 5 buah meja dan 15 buah kursi. “Salam untuk Bapak Wali, kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya,” ujarnya.

“Senang, alhamdulillah ketemu Ibu Wali langsung. Bisa silaturahmi dengan beliau. Yang saya tau, Posyandu sini memang tidak memliki meja. Jadi bersyukur sekali dapat bantuan ini. Semoga posyandu ini kedepannya lebih baik lagi,” lanjutnya.

Ibu Aminah Hadi Zainal Abidin selaku Ketua TP PKK Kota Probolinggo pun mengaku bangga atas semangat dan pengabdian kader Posyandu selama ini. “Saya senang sekali bertemu dengan ibu-ibu yang selalu semangat dalam mengabdi dan melayani balita di Posyandu ini, walaupun dengan segala keterbatasan yang ada. Saya mengucapkan terimakasih kepada para kader Posyandu yang sangat luar biasa ini.” ujarnya.

Diketahui, Posyandu strata madya adalah Posyandu yang sudah dapat melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali per tahun dengan rata-rata jumlah kader sebanyak 5 orang atau lebih, tetapi cakupan kegiatan utamanya masih rendah, kurang dari 50 persen.

“Sesuai janji bapak wali kota untuk memenuhi sarana prasarana posyandu, kami datang. Semoga ibu-ibu tidak pernah bosan dengan kadatangan kami. Semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan (bantuan) dengan baik dan menambah semangat bagi pelayanan penanganan kualitas kesehatan di posyandu ini,” buka Ketua TP PKK Aminah Hadi Zainal Abidin didampingi rombongan Pokja IV PKK Plt Kepala Dinkes P2KB NH. Hidayati saat melakukan kunjungan posyandu.

Beberapa posyandu di wilayah Kota Probolinggo menjadi jujugan kunjungan istri nomor satu Kota Probolinggo untuk menyerahkan secara simbolis bantuan berupa 5 unit meja dan 15 unit kursi.

Sebanyak 6 posyandu strata madya itu dengan jumlah rata-rata 50 orang balita menjadi momen kekompakan para kader menyambut Bunda Aminah, sapaan akrabnya. Mulai dari Posyandu Teratai RW 3 Jati, Posyandu Mawar 5 A Sukoharjo, Posyandu Seruni RW 6 Sumber Taman, Posyandu Mawar 3 A Jrebeng Kidul, Posyandu Delima RW 4 Sumber Wetan dan Posyandu Tunas Bangsa RW 6 Kanigaran.

Bantuan ini betul-betul sangat dimanfaatkan bagi para kader posyandu. Pasalnya, tidak sedikit posyandu sangat minim akan sarana prasarana yang memadai. Posyandu hanya memiliki sebuah meja yang sudah lapuk berbahan bambu, juga posyandu meminjam meja kursi yang ada di kelurahan setempat.

Selain itu, tak sedikit ketua kader posyandu menuangkan sedikit keinginannya untuk mengutarakan langsung pada Aminah. “Kami berharap ada bantuan baju seragam biar lebih kompak lagi, biar tambah cantik dan papan nama (posyandu) rusak,” ucap Ketua Kader Posyandu Mawar 5 A Sukoharjo.

“Insya Allah nanti saya sampaikan pada bapak wali kota, ya. Apa lagi? Selanjutnya Insyaallah beberapa bulan ke depan, kami akan kembali lagi dengan membawa bantuan timbangan dan juga loker,” tutur Aminah.

Tiba di Posyandu Delima RW 4 Sumber Wetan terdapat suguhan Puding Aminah, merupakan puding buatan istri Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin. Resep asli Aminah Hadi itu dibuat oleh Posyandu Delima RW 4 Sumber Wetan menjadi suguhan utama bagi para balita setempat. Puding susu berbahan labu kuning itu lengkap terpampang dengan resep dan cara membuat di meja posyandu, memudahkan bagi para pengunjung untuk mencoba meniru kreativitasnya di rumah, tambah Aminah Hadi.[wap.ca]

Tags: