Kadisdik dan Kapolres Gelar Monitoring

Hari pertama, pastikan UN lancar kadisdikda bersama kapolres berserta rombongan gelar nonitoring sejumlah sekolah. [bas/bhirawa]

Hari pertama, pastikan UN lancar kadisdikda bersama kapolres berserta rombongan gelar nonitoring sejumlah sekolah. [bas/bhirawa]

Bojonegoro, Bhirawa
Hari pertama, guna memastikan kelancaran pelaksanaan ujian nasional (Unas) siswa SMA/SMK/MA di Bojonegoro, Kepala Dinas Pendidikan (kadisdikda)  Husnul Khuluq bersama Kapolres, AKBP Ady Wibowo, Senin (14/4) melakukan monitoring atau pantau di sejumlah sekolah. Meski pemantauan hanya dilakukan dari luar ruangan, namun mantan Sekda Gresik ini sangat serius mengamati ruang demi ruang.
Kepala Dinas Pendidikan Husnul Khuluq yang didampingi kabid Dikmenum mengawali monitoring di SMA Negeri I Jalan Pansglima Sudirman. Setelah berkeliling dan melakukan pengecekan absensi siswa, rombongan melanjutkan pemantauan ke SMA Negeri 2 di Jalan Hos Cokroaminoto.
Dari dua lokasi tersebut Husnul mengaku tidak menemukan permasalahan. Tidak ada indikasi pelanggaran baik dari peserta maupun pengawas ujian. Ia dengan teliti juga memastikan jumlah pengawas dalam satu ruang sekaligus metode pengawasanya. “Mulai pengawas, secara manajeral, dan tata letak ruangan, semuanya sudah sesuai prosedur,” ujarnya Husnul di sela-sela monitoring kepada Bhirawa, Senin (14/4).
Ia meyakini sejauh ini sampai tanggal 16 mendatang, pelaksanaan unas dipastikan berjalan lancar, hanya menunggu hasil UN saja. “Tidak ada masalah untuk hari pertama. Dan saya meyakini untuk dua hari kedapan, semuanya juga tetap normal,” tandasnya.
Sementara itu Kapolres Bojonegoro, AKBP Ady Wibowo, mengatakan pelaksanaan ujian aman serta distribusi soal lancar. Terkait kekhawatiran sejumlah kalangan kemungkinan adanya kebocoran soal serta beredarnya jawaban melalui SMS, berjanji akan menindak tegas. “Bahkan kapolres minta agar peserta ujian lebih fokus serta tidak terpengaruh adanya isu jawaban-jawaban yang beredar karena hal itu justru akan merugikan diri sendiri,” pungkasnya.
Pelaksanaan UN tahun ini diikuti sebanyak 13.917 siswa. Dari jumlah Peserta UN itu terdiri, 4.956 siswa SMA, 5.578 siswa SMK, 3.379 siswa MA dan 4 SMA LB sebanyak 12.939 peserta. [bas]

Tags: