KAI Siapkan 64 Unit Lokomotif dan 389 Gerbong Sambut Libur Nataru

Penumpang saat menjalani protokol kesehatan sebelum naik kereta di Stasiun Gubeng Surabaya.

Surabaya, Bhirawa
Sebanyak 64 unit Lokomotif , 389 gerbong kereta, 16 unit KRD dan 597 gerbong barang telah disiapkan PT KAI Daop 8 Surabaya untuk mendukung operasional pelayanan KA pada masa Nataru 2021.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengungkapkan armada tersebut dipusatkan pada Tiga Depo di wilayah Daop 8 Surabaya yaitu Depo Lokomotif/Gerbong/Kereta Sidotopo, Depo Lokomotif/Kereta Surabaya Pasar Turi dan Depo Kereta/ Lokomotif Malang.

“Pemesanan tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode liburan Natal dan Tahun baru secara online, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat,” terangnya, Kamis (17/12).

Suprapto menambahkan PT KAI Daop 8 Surabaya dalam liburan Natal 2019 dan tahun Baru 2020 ini akan mengoperasikan 30 KA Jarak Menengah/Jauh Reguler dan 64 KA Lokal. Adapun untuk stasiun keberangkatan awal dari 30 KA Jarak menengah/Jauh Reguler tersebut dipusatkan pada tiga stasiun kelas besar.

Di antaranya, Stasiun Malang sebanyak 6 KA jarak Menengah/Jauh pemberangkatan awal, Stasiun Pasar Turi sebanyak 8 KA Jarak Menengah /Jauh pemberangkatan awal dan Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 16 KA Jarak menengah/Jauh (8 KA Pemberangkatan awal dan 8 KA yang melintas).

Untuk tujuan dari 30 KA Jarak Menengah/Jauh Reguler tersebut diantaranya ke arah Jakarta 13 KA, ke arah Bandung 5 KA, Ke arah Jember/Ketapang 7 KA, masing-masing 1 KA ke arah Cirebon, Lempuyangan, Semarang, Cilacap serta Purwokerto.

“Mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus balik liburan, PT KAI Daop 8 Surabaya akan mengoperasikan dua KA tambahan pada tanggal 3 Januari 2021, yaitu KA Gajayana Fakultatif relasi Malang-Gambir, dan KA Sembrani Fakultatif relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir,” jelas Suprapto.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuka layanan pemesanan tiket Kereta Api Jarak Menengah/ Jauh untuk periode liburan Natal 2020 dan tahun Baru 2021. Masyarakat sudah dapat memesan tiket tersebut melalaui aplikasi KAI Access, Situs resmi kai.id, serta kanal penjualan online resmi lainnya.

Rencanakan perjalanan Anda jauh-jauh hari menyesuaikan dengan hari libur dan cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah. Masyarakat tidak perlu ragu dalam menggunakan angkutan kereta api, karena KAI tetap mengoperasikan KA dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin pada setiap waktu sejak di stasiun dan diatas KA serta selama dalam perjalanan.

“Konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api telah diakui. Hal ini dibuktikan dengan didapatkannya Safe Guard Label SIBV yang sudah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Kantor Pusat BV, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” ujar Suprapto.

Sementara itu pada masa pandemi, KAI berkomitmen menjual tiket KA Jarak Jauh dan Lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menciptakan physical distancing sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 14 tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020.

Suprapto melihat, masyarakat sudah mulai kembali mempercayakan moda transportasi kereta api. Hal itu terlihat dari volume pelanggan yang terus menunjukkan tren positif dalam 3 bulan terakhir ini. Bulan September 293.425 penumpang/bulan, Bulan Oktober 354.695 penumpang/bulan dan Bulan November 2020 di mencapai 399.557 penumpang/bulan.[riq]

Tags: