Kampus Universitas Terbuka NU Bakal Berdiri di Graha Panarukan

Ketua Panitia pembangunan kampus, Fathorrahman

Situbondo, Bhirawa
Dalam waktu dekat akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Kampus Cabang Universitas Terbuka NU di Kompleks Lahan Graha Panarukan Residence, Kabupaten Situbondo. Semua berkas tahapan pembangunan kampus sudah hampir rampung dan diresmikan secara simbolis.
Uniknya, lahan kampus ini diambilkan dari dana sharing CSR Graha Residence Panarukan yang notabene merupakan owner PT Pembangunan Perumahan di Kabupaten Situbondo.
Menurut Penasehat Utama Graha Panarukan Residence, Fathorrahman, rencana pembukaan atau peletakan batu pertama kampus akan dilakukan mantan Wagub Jatim, Syaifullah Yusuf. Kepastian pemilihan lahan di Graha Panarukan Residence, setelah panitia pembangunan kampus sepakat didirikan di kawasan itu.
“Ya setelah diadakan rapat bersama akhirnya diambil kesepakatan kampus UT – NU Situbondo dibangun di Graha Panarukan Residence,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Kasi Pengawasan Usaha dan Hasil Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo itu.
Fathor menjelaskan, rencana pendirian kampus UT – NU Situbondo itu berawal dari pengajian solawat nariyah yang rutin diadakan pada malam Jumatan. Saat itu, sempat digagas pusat pendidikan yang fokus menggarap bidang tahfizul Quran. Setelah beberapa waktu dibahas maka sepakat diambilkan dari hibah CSR 10 hektar (0,5%) dari tanah Graha Panarukan Residence.
“Ini merupakan kampus baru selain yang sudah berdiri di Desa Paowan dan di Ponpes Sukorejo,” papar Fathor.
Untuk mendirikan kampus ini Fathor sudah menyusun segala sesuatu yang terkait erat dengan persyaratan itu. Misalnya dengan BAKN Provinsi Jatim dan pembentukan kepengurusan pendirian kampus UT – NU Situbondo.
“Ini kampus induknya di UT – NU Menteng Jakarta. Ini juga merupakan sebuah inovasi dari Plt Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi. Direncanakan adanya kampus ini untuk mendukung perubahan di kawasan pesisir Situbondo,” pungkas Fathor.
Kapan jadwal pasti peletakan batu pertama? Fathorrahman menjawab, jadwal launching kampus UT – NU Situbondo direncanakan sebelum pelantikan Bupati Situbondo yang baru, sekitar pertengahan Bulan Pebruari 2021 mendatang.
“Ya ide pendirian kampus ini merupakan sebuah inovasi H Yoyok Mulyadi. Nanti juga akan kami bahas tentang sistem pendidikan di sini agar tumbuh lebih baik. Artinya kampus baru nanti akan menggunakan sistem pendidikan yang simpel,” pungkas Fathor. [awi]

Tags: