Kantin SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo Dinilai Tak Layak

5- foto-kantin sekolah-Ali-3Sidoarjo, Bhirawa
Kantin sekolah yang dimiliki SMAN 1 Wonoayu dinilai tak layak dari segi kesehatan. Karena lokasinya berdekatan dengan tempat sampah dari sekolahan itu. Kepala Seklah SMAN 1 Wonoayu, Drs Digdo Santoso menegaskan, tempat sampah milik sekolahan yang berada di dekatĀ  kantin sekolah itu akan segera ditangani.
”Nanti sampah itu harus langsung diangkut ke pembuangan sampah, pada hari itu juga, entah itu di TPS atau TPA, sehingga tak ada timbunan sampah di sekolah, rencana kita seperti itu,” ujar Digdo Santoso, kepada Tim Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Publik Pemkab Sidoarjo, Rabu (11/6) kemarin, di kantornya.
Diakui, selama ini sampah di SMAN 1 Wonoyu tak diangkut ke TPS atau TPA. Tetapi masih dibakar di lahan sekolahan. Nantinya, SMAN 1 Wonoayu kata Digdo akan mengusahakan kerja sama dengan pihak lain, agar sampah itu minimal langsung diangkut tiap hari. ”Tempat sampah itu akan kita hilangkan, jadi nanti tak ada istilah tempat sampah, langsung segera diangkut,” janji Digdo.
Disampaikan Digdo, untung saja selama ini tak sampai ada siswa di SMAN 1 Wonoayu yang sampai jatuh sakit karena mengkonsumsi makanan dari kantin sekolahan itu. ”Alhamdulilah, belum sampai ada yang sampai jatuh sakit,” ujarnya.
Tetapi meski demikian, menurutnya, pihak sekolah harus waspada. Selain akan mengelolah sampah, pihak sekolah nanti akan mengintruksikan pihak kantin, agar menjual makanan yang sehat, yakni tak mengandung zat warna dan zat kimia. Sebab akan bisa berpengaruh pada kesehatan siswa yang mengkonsumsi makanan di sana.
Digdo sebelumnya sempat menyampaikan, awalnya berencana akan memindahkan lokasi kantin sekolah. Namun setelah dilakukan pertimbangan matang, maka lebih baik yang ditangani dulu adalah pengelolahan sampahnya. Untuk pembangunan di SMAN 1 Wonoayu, menurutnya akan lebih diprioritaskan pada pembangunan kelasnya dulu. Sebab dianggap masih kurang. [ali]

Keterangan Foto : Kantin di SMAN Wonoayu dinilai tak layak dari sisi kesehatan, karena tempatnya berdekatan dengan tempat pembuangan sampah di sekolahan. [ali/bhirawa]

Tags: