Kantor KPU Batu akan Diubah Jadi Uji KIR

Pemkot Batu berencana menjadikan gedung Kantor KPU Batu sebagai tempat Uji KIR sehingga memaksa KPU Batu harus angkat kaki.

KPU Batu Inventarisasi Aset Permanen yang Hilang
Kota Batu, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melakukan inventarisasi aset permanen milik mereka yang dipastikan hilang. Hal ini berkaitan dengan akan dijadikannya gedung Kantor KPU Kota Batu ini sebagai tempat Uji KIR oleh Pemkot. Diharapkan dengan adanya data inventarisasi ini KPU Batu bisa mendapat biaya penggantian aset permanen yang hilang oleh Pemkot.
Diketahui, Pemkot Batu mulai menyeriusi wacana pemindahan kantor KPU Kota Batu. Gedung kantor KPU Batu yang berada di Jl.Raya Tlekung ini merupakan gedung aset Pemkot yang dipinjam pakaikan kepada KPU Kota Batu. Dan ketika Pemkot berniat untuk menjadikan gedung KPU Batu sebagai tempat Uji KIR maka KPU Batu tak bisa menolaknya.
Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Batu, Marlina SP MSi mengatakan berkaitan dengan harus angkat kakinya KPU Kota Batu dari gedung yang saat in dipakainya sebagai kantor, pihaknya juga melakukan inventarisasi terhadap aset- aset permanen milik KPU Batu yang dipastikan hilang dengan adanya kepindahan ini.
“Aset yang dimaksud ini adalah aset permanen yang tidak bisa ikut dibawa pindah bersama kepindahan kantor KPU Kota Batu ke tempat yang baru,”ujar Marlina, Kamis (8/10).
Di antara aset permanen yang hilang ini antara lain, gudang, taman pemilu, dan rumah pintar pemilu (RPP). Aset-aset KPU Batu ini merupakan aset yang pembangunannya dibiayai oleh KPU RI.
Marlina juga mengatakan untuk kantor baru KPU Batu nanti pihaknya tidak memilih gedung eks Dinas Pendidikan yang ada d Jl.Bukit Berbunga Kota Batu. Tetapi KPU Batu lebih memilih gedung eks Kantor BPJS yang berlokasi di Jl.Sultan Agung.
“Kita lebih memilih gedung di Jl.Sultan Agung ini dengan mempertimbangkan kemudahan akses dan juga lokasinya berada di tengah kota sehingga memudahkan masyarakat yang ingin berkunjung,”jelas Marlina.
Sebelumnya, Pemkot menunjukkan keseriusannya untuk menjadikan gedung kantor KPU Batu sebagai tempat Uji KIR. Hal ini ditunjukkan dengan meninjau langsung gedung KPU Batu ini yang dilakukan Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso bersama Kepala Dishub, Imam Suryono dan Kepala BPKAD, M Chori.
Punjul mengatakan, sebetulnya Pemkot Batu memiliki alternatif tempat lain selain di kantor KPU. Yakni, di sekitar Krematorium Mojorejo dan di tanah lapang Dadaptulis Dalam, Desa Dadaprejo. Namun dari alternatif tempat yang ada, kantor KPU dinilai yang representatif untuk uji kir minimal kelas jalan kota.
“Gedung kantor KPU dinilai representatif karena memiliki akses jalan yangmemadai untuk dilewati kendaraan bertonase berat. Adapun kendaraan besar seperti truk gandeng kurang pas kalau melewati akses jalan jika tempat uji KIR ditempatkan di Dadaptulis Dalam,” kata Punjul. [nas]

Tags: