Kapolda Jatim Tegaskan Personel PAM Pilkada Tetap Patuhi Prokes

Apel pergeseran personel PAM Pilkada Serentak Tahun 2020 di Mapolda Jatim, Senin (7/12)

Apel Pergeseran BKO PAM TPS Pilkada Serentak
Polda Jatim, Bhirawa
Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta memimpin apel pergeseran personel BKO PAM TPS dalam rangka PAM pemungutan suara Pilkada Serentak Tahun 2020. Apel pergeseran pasukan dilaksanakan Senin (7/12) di lapangan Upacara Mapolda Jawa Timur.

Hadir dalam apel, Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo serta Jajaran Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim dan didampingi Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunuyodo Wisnu Andiko.

Irjen Pol Nico Afinta memberikan apresiasi kepada semua anggota atas loyalitas kinerja dan pengabdian sinergi dengan Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Terutama dalam penanganan Covid-19 dan pengamanan rangkaian dalam tahapan pilkada mulai awal hingga tahap pencoblosan.

“Saya sangat apresiasi atas kinerja serta loyalitas para anggota yang melaksanakan pengamanan tahapan Pilkada mulai awal hingga pencoblosan nanti,” kata Irjen Pol Nico Afinta.

Adanya Pandemi Covid-19, sambung Nico, sangat berpengaruh dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak pada tahun 2020. Karena selain harus mematuhi norma dan aturan pilkada. Para penyelenggara dan peserta pilkada harus mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dalam rangkaian Pilkada.

Pihaknya pun mengingatkan personel yang terlibat didalam pengamanan pilkada serentak tahun 2020 harus melaksanakan protokol kesehatan (Prokes). Serta jangan ragu untuk memperingatkan masyarakat agar tetap mematuhi prokes, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Pilkada serentak tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena Pilkada tahun ini bersamaan dengan Pandemi Covid-19. Sehingga, seluruh anggota yang melakukan PAM pengamanan tetap patuhi prokes. Dan bisa memperingatkan masyarakat agar tetap mematuhi prokes dengan cara 3-M,” pesannya.

Pilkada Serentak di Jatim akan dilaksanakan di 19 Kabupaten/ Kota dan terdapat 48. 607 TPS dengan kekuatan pengamanan 15.539 personel dan TNI 5.681 personel, Linmas sebanyak 99.351 personel. Selain itu Polda Jatim akan memberangkatkan BKO personel sebanyak 740 personil dalam rangka penebalan PAM TPS.

Selain itu dalam rangka mengantisipasi kontigency Polda Jatim juga telah mempersiapkan, 3 SSK Disamapta dan 12 SSK Disamapta Satbrimob Polda Jatim yang nantinya akan ditempatkan sesuai dengan Rayonisasi.

“Diharapkan Pilkada Serentak di Jawa Timur tahun 2020 dapat berjalan aman, tertib, damai dan sehat,” harap Kapolda.

Pihaknya juga menekankan kepada seluruh anggota yang melakukan PAM TPS di Jawa Timur untuk menjalin sinergitas dan kolaborasi dengan TNI, Pemerintah setempat dan Instansi terkait guna menciptakan keamanan dan ketertiban. Serta melaksanakan tugas pengamanan sesuai prosedur dan pegang teguh profesionalisme dan komitmen netralitas Polri.

“Lakukan deteksi dini terhadap wilayah BKO melalui analisa daerah operasi. Jangan melaksanakan segala perbuatan kontra produktif, sikapi setiap situasi secara responsif cepat, efektif, tegas dan sesuai protap. Tetap jaga kesehatan, terapkan prokes dan himbau masyarakat untuk tetap patuhi prokes,” pungkasnya. [bed]

Tags: