Kapolres Batu Tekankan Netralitas Anggota dan Tak Lalaikan Ops Yustisi

Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo terus menekankan kepada anggota untuk bersikap netral dalam pilkada, dan meminta warga untuk tetap tertib dalam prokes.

Kota Batu, Bhirawa
Memasuki awal Desember ini, semakin banyak tugas yang diemban Kepolisian Resor (Polres) Batu. Selain tetap aktif melakukan Operasi Yustisi, mereka juga harus mengamankan pesta demokrasi dari tiga kecamatan dari wilayah Kabupaten Malang. Karenanya, Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo menekankan netralitas pada semua anggotanya.

Kapolres mengatakan dalam Pilkada serentak dalam hal ini yang digelar Kabupaten Malang, Polres Batu punya andil penting dalam mengamankan dan melancarkan pesta demokrasi ini.

“Saat ini ada tiga kecamatan di Kabupaten Malang, yaitu Pujon, Ngantang dan Kasembon yang saat ini tergabung dalam wilayah hukum Polres Batu,” ujar Catur, Selasa (1/12).

Terkait pelaksanaan pilkada di ketiga wilayah ini, jelasnya, Polres Batu siap dalam melakukan pengamanan kegiatan tersebut. Untuk itu seluruh personil telah dipersiapkan untuk melakukan diteksi dini mengantisipasi adanya pelanggaran kantibmas saat Pilkada berlangsung.

Saat ini Polres Batu telah menyiagakan seluruh personil dalam melakukan pengamanan Pilkada Serentak di Jatim, khususnya di wilayah Kabupaten Malang.

“Dan anggota sudah melakukan diteksi dini terhadap kerawanan Kantibmas apalagi saat Pilkada berlangsung berada dalam situasi Pandemi Covid-19,” jelas Catur.

Kapolres Batu juga memberikan penekanan kepada seluruh Anggota Polres Batu bahwa untuk wajib netral dalam Pilkada Serentak. Kenetralan ini harus dibarengi denan adanya sinergitas TNI/ Polri, Pemerintah, serta penyelenggara Pilkada KPU dan Bawaslu.

Adapun beberapa hari ini jelang hari pencoblosan, yaitu tanggal 9 Desember 2020, kata Kapolres, tim dari Sateskrim bekerjasama dengan Humas akan lebih meningkatkan Patroli Cyber Pilkada. Tak lupa pula anggota Polres Batu juga akan melaksanakan PAM TPS, serta melaksanakan rapid tes terlebih dahulu untuk memastikan kesehatan para personil Polri.

Dengan adanya tugas Pampilkada, catur juga menjamin bahwa pihaknya terus dan tetap menjalankan Operasi Penegakan Pendisiplinan Protokol Kesehatan (Prokes). Giat ini juga tetap bersinergi bersamaTNI, Satpol PP dan BPBD dalam kegiatan Operasi Yustisi. [nas]

Tags: