Karyawan dan Konsumen Peritel Modern Tetap Layani Kebutuhan Warga

Karyawan pasar ritel modern wajib pakai pelindung saat melayani konsumen.

Surabaya, Bhirawa
Gonjang ganjing pasar tradisional akan tutup selama seminggu karena akan ada penyemprotan. Namun peritel modern menyatakan tetap buka guna memenuhi kebutuhan masyarakat disaat kondisi saat ini, ritel modern di Jawa Timur tetap beroperasi seperti biasa.
Hanya saja, seluruh karyawan ritel modern dibekali perlindungan seperti masker, begitu juga dengan customer. Bahkan super market maupun Hypermarket wajib menyediakan hand sanitizer di pintu masuk, dan keluar costumer.
April Wahyu Widarti, Koordinator Wilayah Timur 1 Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), mengatakan, aksi tanggap darurat corona Aprindo sudah mengimbau kepada semua anggota untuk melakukan tindakan dalam perlindungan kepada karyawan dan customer. Dan sudah sesuai dengan protap ritel.
“Protap yang diterapkan pada karyawan mulai dari melakukan pengecekan suhu kepada semua karyawan internal external dan tamu yang masuk lewat pintu karyawan yang dilengkapi logbook Untuk monitoring,” ujarnya.
Selain itu di setiap gerai wajib menyediakan tempat cuci tangan dengan perlengkapan sabun cuci dan air mengalir. Serta melakukan sanitasi rutin di semua peralatan kerja dan semua property karyawan, seperti laci, loker, musola, kamar mandi dan lainnya.
“Khusus bagi karyawan dibagikan vitamin dan mengatur jam istirahat agar tidak terjadi penumpukan di kantin. Mengatur jarak di musola dan tempat duduk kantin, serta elengkapi hand sanitizer di dalam kantor,” jelas April.
Sedangkan bagi customer, ritel menyediakan hand sanitizer atau tempat cuci tangan di area entrance customer dilengkapi sabun dan air mengalir. Informasi informasi terkait virus Corona . Membuat jarak antrian antara 1,2 – 2 meter. 
Melakukan pengecekan suhu terhadap customer, menyediakan ruang isolasi sementara untuk customer yang suhu badannya diatas 37 C dan melakukan sanitasi di keranjang dan troly customer.
“Untuk poin poin diatas anggota sudah melaksanakannya ada yg 100 persen ada juga yg sedang berprogress,” imbuh April.
Terkait permintaan konsumen terhadap barang, saat ini pihaknya melakukan maksimal dalam penyediaan. Tapi banyak kendala di lapangan yang membuat stok produk tersebut kosong.
“Saat ini supplier chemical hand sanitizer banyak yang berkurang stoknya menipis. Masker yang hilang dari pasaran. Ini yang membuat kami tidak bisa menyediakan produk itu kepada konsumen,” ungkap April.
Sementara untuk produk sembako, saat ini stok masih ada dan beberapa memang ada yang mengalami stok kosong. Yaitu gula pasir.
Diakui April, saat ini menjelang Ramadan dan Lebaran, kebutuhan gula pasir di konsumen cukup tinggi. Tapi karena stok terbatas, ditambah dengan pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah, artinya kita paham dengan situasi saat ini. Kita lakukan pembatasan yg wajar yang dan customer juga tidak kecewa.Karena saat ini juga semua sedang dilanda keresahan dan was was. 
“Sehingga jangan sampai ketika belanja customer merasa kecewa lagi. Tentunya Riteler paham dan tahu mana end user mana yang spekulan,”ungkap April.

Berikut penyesuaian jam operasional ritel anggota APRINDO:

1. All Superindo (09.00-20.00)

2. Giant (07-20) Wil malang . Utk SBY masih normal

3. Toko Makmur jam 08.00 s/d 21.00

4.Circle K normal
5. Midi malang 07.00 sd 20.00

Lainnya normal tutup jam 23.00

6. HARTANI PS.ATOM SBY normal ( 07-17)

7. Lotte Grosir mulai 30/3 09.00-20.00

8. INDOMARET _msh normal menyesuaikan update dr pemkot lbh lnjt krn kami support konsumen memenuhi kebutuhan_ 🙏
9.Transmart ngagel dan rungkut Weekdays 11.00 -22.00
Weekend 10.00-22.00o

10. Transmart lenmarc
12.00-20.00

11. Transmart gresik 12.00-20.00

12. Carrefour BG
10.00-22.00

13. Carrefour itc
Senin-sabtu 11:00-19:00
Minggu 10:00-19:00

14. MDS 12.00-20.00….
Independent stores closed temporary

15. LIPPO mall Indonesia sgera close temporary juga.(ma)

Tags: