Kasdam V/Brawijaya Beserta Danrem 084 Gowes Surabaya-Madura

Surabaya, Bhirawa
Di tengah kesibukannya sebagai Kepala Staf Kodam (Kasdam) V/Brawijaya. Brigjen TNI Bambang Ismawan beserta Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Sudaryanto berupaya menjaga stamina fisik tubuhnya dengan bersepeda pagi atau yang dikenal dengan gowes, Selasa (18/2).
Tak tanggung-tanggung, gowes yang dilakukan dua petinggi TNI AD jajaran Kodam V/Brawijaya dan Korem 084/Bhaskara Jaya, beserta jajarannya ini mengambil rute Surabaya ke Kabupaten Bangkalan, Madura.
“Jarak yang ditempuh kurang lebih sekitar 56 kilometer,” kata Brigjen TNI Bambang Ismawan setelah sampai di lokasi finish di Koramil Galis.
Sementara itu, Kolonel Inf Sudaryanto menilai jika gowes yang digelar ini bukan hanya ditujukan sebagai ajang olah raga semata. Tetapi, pihaknya mengaku menilai jika gowes dilakukan guna menjalin silaturahmi dengan masyarakat.
“Tak hanya jajaran. Tapi dalam gowes ini kami juga menggandeng komunitas bersepeda,” ungkapnya.
Sudaryanto mengakui jika bersepeda ini merupakan salah satu cara efektif guna mengurangi tingkat polusi udara. Sebab, selama ini tingkat polusi udara semakin tinggi, sehingga perlu adanya upaya untuk menyemarakkan olah raga bersepeda atau yang sekarang ini lebih dikenal dengan sebutan gowes.
“Mari kita budayakan olah raga gowes ke masyarakat. Karena manfaatnya selain kesehatan juga mengurangi dampak dari polusi udara,” ucapnya.
Alumnus Akmil 1993 ini menambahkan, gowes juga berguna bagi kesehatan. Selain kesehatan, gowes baginya sebagai wujud menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kedekatan antara pimpinan dengan anggota jajaran. Sehingga tidak ada rasa canggung antar pimpinan dan anggota.
“Memang gowes ini tujuan utamanya menyehatkan dan dapat mengetahui lingkungan sekitar. Lebih dari itu, gowes memberi makna kekeluargaan antar pimpinan dan anggota jajaran,” pungkasnya. [bed]

Tags: