Kasdim 0813 Bojonegoro Hadiri Pelatihan Satlinmas Desa Rawan Bencana

Bojonegoro, Bhirawa
Kasdim 0813 Bojonegoro Mayor Inf Hairil Achmad, turut menghadiri Pelatihan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa rawan bencana yang berada diwilayah bantaran Sungai Bengawan Solo, yang meliputi Satlinmas Kecamtan Kasiman, Padangan, Malo, Ngraho dan Margomulyo, Rabu (22/1).
Kegiatan yang digelar oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bojonegoro dilangsungkan di Aula Masjid Al-Birru Pertiwi, Desa Dander, Kecamatan Dander, dalam rangka tanggap bencana khususnya banjir luapan Sungai Bengawan Solo dan persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III tahun 2020.
Dalam laporannya, Plt. Kasatpol PP Kabupaten Bojonegoro Arif Nanang, menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan untuk membekali Satlinmas Desa rawan bencana Sungai Bengawan Solo, dan persiapan pengamanan Pilkades Serentak Gelombang III tahun 2020.
“Diharapkan, anggota Satlinmas mengerti dan bagaimana yang harus dilakukan saat bencana terjadi,” ungkapnya.
Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Kodim, Polres, BPBD, Damkar, Dinsos, Dinkes Kabupaten Bojonegoro, serta Camat dan Kades diwilayah bantaran Sungai Bengawan Solo.
“Apabila ada daerah dilanda banjir, kita dan seluruh jajaran akan turun tangan menangani wilayah yang terdampak. Dengan membuat krisis center, dapur umum, dan tenda-tenda pengungsian. Lebih khusus dalam pengawalan pemungutan dan penghitungan suara, hingga pengamanan kotak suara di masing-masing TPS,” tambahnya.
Kasdim 0813 Bojonegoro Mayor Inf Hairil Achmad, dalam sambutannya mengharapkan anggota Satlinmas dapat berperan membantu keamanan TPS di tiap-tiap desa dalam Pilkades Serentak Gelombang III tahun 2020.
“Kepedulian Satlinmas sangat diperlukan dalam Pilkades Serentak Gelombang III tahun 2020. Apabila ada masalah dilapangan bisa dilaporkan ke Polri, untuk anggota TNI memback-up dan memonitor,” ujarnya.
Sementara Kapolres Bojonegoro AKBP M. Budi Hendrawan, SIK., MH., berharap Satlinmas dapat membantu tugas Polres Bojonegoro dilapangan, khususnya saat pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang III tahun 2020.
“Kami juga menghimbau para Kepala Desa, kalau ada masalah diselesaikan terlebih dahulu di desa. Jangan dikit-dikit masalah dibawa ke Polres, kasian jika masuk penjara,” tegasnya.
Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, menyampaikan bahwa menjelang Pilkades Serentak Gelombang III tahun 2020 ini, pihaknya bersama Kodim, Polres, Satpol PP Kabupaten Bojonegoro, hingga Satlinmas di desa berupaya keras mengawal proses Pilkades yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 19 Pebruari 2020 mendatang.
Diharapkan seluruh personel siaga penuh demi suksesnya Pilkades Serentak Gelombang III tahun 2020 di Kabupaten Bojonegoro. Diantaranya dengan pelatihan Satlinmas untuk antisipasi luapan Sungai Bengawan Solo.
“Karena Satlinmas merupakan ring satu penjaga keamanan ditingkat desa. Sehingga, harus mendapat pembekalan tanggap bencana banjir luapan Sungai Bengawan Solo. Dengan harapan personel Linmas mampu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, menyiapkan fisiknya dan mampu berenang untuk menolong korban banjir, serta mendukung penuh TNI dan Polri dalam tugas pengamanan TPS secara maksimal,” tuturnya.
Hadir dalam kegiatan yang dibuka Bupati Bojonegoro ini diantaranya Kabid Linmas Kabupaten Bojonegoro, A. Syaifuddin Zuhri, S. Sos., Danramil 0813-05/Dander Kapten Inf Edy Purwantoro, Kapolsek AKP Mashadi, SH., dan Camat Drs. Husnan, serta tamu undangan lainnya. [bas]

Tags: