Kecamatan Asemrowo dan Yayasan SPB Gelontor 2 Ribu Paket Sembako

Camat Asemrowo, Bambang Udi Ukoro menyerahkan secara simbolis bantuan Paket Sembako kepada warga disaksikan Kapolsek Asemrowo, AKP Hari Kurniawan dan Babinsa Koramil 05/Tandes, Serma Heri Budi S, juga disaksikan para lurah dan warga penerima paket Sembako. [trie diana/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Kecamatan Asemrowo, Polsek Asemrowo dan Koramil 05/Tandes (Tiga Pilar) menyalurkan 2 ribu paket Sembako berisi beras 5 Kg, Indomie dan Sarden.

Paket Sembako ini Sumbangan Yayasan Surabaya Peduli Bangsa (SPB) disalurkan kepada warga terdampak Virus Corona atau Covid 19 yang ada di wilayah Kecamatan Asemorowo, pada Jumat (28/8) lalu.

Menurut Camat Asemrowo, Bambang Udi Ukoro, secara simbolis bantuan Sembako dari Yayasan SPB berupa beras 5kg, Indomie dan sarden sebanyak 2 ribu paket kepada warga terdampak Covid19 untuk tiga keluarahan yang ada di wilayah Kecamatan Asemrowo, yakni di Kelurahan Asemrowo, Kelurahan Tambaksari Oso, dan Kelurahan Genting Kalianak.

”Paket Sembako ini sudah kami serahkan di masing-masing kelurahan. Golongan atau katagori warga yang menerima paket Sembako yakni warga yang terdampak langsung dari aspek kesehatan, ekonomi lemah, dan masyarakat yang membutuhkan tambahan penghasilan serta kebutuhan keluarga. Sedangkan data- data warga yang terdampak diterimakan dari kelurahan yang bekerjasama RT/RW setempat,”jelas Bambang.

Bambang juga menjelaskan, untuk mencukupi kebutuhan ekonomi warga terdampak ditengah pandemi Covid 19, bantuan kepada warga di Kecamatan Asemrowo tidak hanya dari paket sembako Yayasan SPB saja. Namun, warga juga telah menerima bantuan Sembako dari Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya.

”Jadi secara umum kami sudah menerima banyak bantuan Sembako untuk warga. Namun namanya kebutuhan tidak bisa membuat satu kepuasan atau tercukupi dan terpenuhi. Tentunya, kami akan berusaha membantu warga kami yang terdampak dan kekurangan akibat situasi kondisi selama pandemi Covid 19 ini,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Asemrowo, Asnafi menambahkan, kebetulan warga Kelurahan Asemrowo menerima bantuan sembako sebanyak 1.365 paket. ”Sasaran atau target yang menerima bantuan yakni mendahulukan warga yang tidak mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), mareka inilah yang kami diperioritaskan,” ujar Asnafi.

Asnafi menegaskan, sebenarnya bantuan paket Sembako dari Yayasan SPB masih kurang bagi warganya yang terdampak pandemi Covid 19.

Sebab, dari 34 ribu penduduk di wilayah Kelurahan Asemrowo, hampir 20% banyak warga yang terdampak. Misalkan, warga yang di PHK dari pekerjaan serta para pedagang Pasar Loak yang saat ini omset pendapatannya anjlok. Kami berharap bantuan Sembako untuk warga kami tidak berhenti di sini, tapi ke depan tetap berkesinambungan,” harapnya.

Dalam pembagian Sembako yang diserahkan secara simbolis ini, juga digelar Video Converence (Vicon) antara Kecamatan Asemrowo dengan Kantor Yayasan SPB. Dari Tiga Pilar Kecamatan Asemrowo, selain Camat Asemrowo (Bambang Udi Ukoro) juga Kapolsek Asemrowo (AKP Hari Kurniawan), dan Babinsa Koramil 05/Tandes (Serma Heri Budi S) turut berbincang – bincang dengan Sekretaris Umum Yayasan SPB, Edi Wijanarko. Disaksikan Lurah Asemrowo (Asnafi), Lurah Tambak Sari Oso (Sholeh Mudzakir) dan Lurah Genting Kalianak (Heru Baskoro), serta para warga.

Sedangkan untuk Sembako sebanyak 2 ribu paket didistribusikan kepada Kelurahan Asemrowo sebanyak 1.365, untuk Kelurahan Tambak Sari Oso memperoleh Paket Sembako sebanyak 357 dan Kelurahan Genting Kali Anak mendapat Sembako sebanyak 278. [fen]

Tags: