Kecamatan Diminta Serius Tangani Lansia Sidoarjo

Kecamatan Diminta Serius Tangani LansiaSidoarjo, Bhirawa
Pemkab Sidoarjo dalam menangani program Lansia tak tanggung-tanggung lagi. Tidak hanya ditingkat kabupaten saja, tetapi sampai kecamatan, bahkan para Sekretaris Kecamatan sudah secara otomatis menjadi pengurus Lansia.
Hal itu ditegaskan Ketua Komda Lansia Keb Sidoarjo, MG Hadi Sutjipto SH MM ketika menerima kunjungan Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kab Pamekasan, di Pendopo Kab Sidaorjo, Rabu, (4/6) siang.
MG Hadi Sutjipto yang juga Wakil Bupati Sidoarjo menyambut baik kedatangan rombongan Komda Lansia Kab Pamekasan. Menyampaikan sejak dibentuknya Komda Lansia Kab Sidoarjo, banyak organisasi yang berkaitan dengan Lansia telah bergabung. Seperti PWRI, Gerontologi Abiyoso maupun Karang Wreda.
Jadi kepengurusan Komda Lansia di Sidoarjo diwarnai berbagai eleman organisasi yang telah bergabung. Banyak organisasi yang berkaitan dengan Lansia masuk dalam kepengurusan Komda Lansia Sidoarjo. ”Kab Sidoarjo sepakat Komda Lansia ini merupakan semacam induk organisasi yang menaungi semua organisasi yang berkaitan dengan lanjut usia,” jelasnya.
Ia juga menegaskan, kalau Kab Sidoarjo mendukung program-program yang dilakukan Komda Lansia Sidoarjo. Bentuk dukungan terwujud dari kucuran APBD Kab Sidoarjo untuk organisasinya. Walaupun tak terlalu besar, anggaran itu terbilang cukup untuk melaksanakan berbagai program kegiatan. ”Disamping hibah dari Pemerintah Daerah ke  Komda Lansia, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kab Sidoarjo  juga menganggarkan untuk kegiatan ke  Komda Lansia Kab Sidoarjo,” ujarnya.
Sementara itu Ketua Rombongan Komda Lansia Pemekasan yang diwakili Ketua Yayasan Gerontologi Abiyoso Kab Pamekasan, Drs Faturrahman mengatakan, kunjungan ke Kab Sidoarjo untuk yang dua kalinya. Suasana yang menurutnya asri serta sambutan yang hangat membuatnya betah untuk berlama-lama di Sidoarjo.
Menurutnya, kunjungan yang dilakukan kali ini adalah kunjungan balasan. Tahun lalu, pengurus Komda Lansia Sidoarjo datang ke Kab Pamekasan. Dalam kesempatan itu, keakraban terjalin dalam dialog yang dilakukan. Ia mengungkapkan saat itu rasanya tidak ada jarak antara Kab Pamekasan dengan Kab Sidoarjo. ”Dan kini tersambung kembali, ini yang kita rasakan, keasrian, kearifan Bapak Wabup dalam penyambutan baik sekali,” ungkapnya. [ach]

Keterangan Foto : Ketua Komda Lansia Sidoarjo MG Hadi Sutjipto sedang berakrab-akrab dengan Ketua YYS Gerontologi Abiyoso Pemekasan Fatarrahman. [achmad suprayogi/bhirawa]

Tags: