Kejaksaan Negeri Kota Batu Kumpulkan Kades Beri Kiat Solusi Permasalahan Desa

Suasana Ngopi Saja Kejari Kota Batu dengan mengundang para kades dan lurah di Kota Batu.

Kota Batu, Bhirawa
Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu mengumpulkan semua kepala desa (kades) dan lurah yang ada di Kota Batu. Kejari mengajak mereka ‘Ngopi Saja’ untuk mendapatkan solusi dari berbagai masalah yang ada di Desa maupun Kelurahan di Kota Wisata ini.

Ngopi Saja atau Ngobrol Inspiratif Bersama Jaksa kali ini sengaja digelar dengan maksud agar Kepala Desa dan Lurah bisa berhati- hati dalam menyelesaikan masalah di desanya. Kepala Seksi Intelijen Kejari Kota Batu, Edi Sutomo SH MH menyampaikan agar Kepala Desa maupun Lurah di Kota Batu untuk berhati – hati dan teliti dalam menggunakan anggaran desa

“Kita juga mengingatkan agar Desa atau kelurahan yang mendapatkan Program PTSL dari pemerintah untuk tidak mengambil keuntungan dari program tersebut serta tidak melibatkan perangkat Desa / Kelurahan dalam pelaksanaan program PTSL,” ujar Edi, Kamis (22/9).

Selain Kasie Intelijen, Ngopi Saja kali jni juga dihadiri oleh Kasie Tindak Pidana Umum Kejari Batu Yogi Sudharsono SH, dan Kasie Perdata dan Tata Usaha Negara Muhammad Bayanullah SH MH MKn.

Yogi menyampaikan aspirasinya kepada Kepala Desa dan Lurah di Kota Batu karena berkat kerjasamanya, Kejari Batu mampu meraih peringkat Ke-3 seluruh Indonesia dalam hal Restorative Justice. Yogi memberikan pengertian lebih terkait Restorative Justice dan syarat- syarat yang harus dipenuhi.

“agar sebuah perkara tindak pidana bisa mendapatkan persetujuan restorative Justice dari pimpinan Kejaksaan RI,” ujar Yogi.

Sementara Bayanullah memanfaatkan momen santai ini untuk menyampaikan penyuluhan hukum terkait permasalahan – permasalah aset yang ada di Desa dan Kelurahan di Kota Batu.Ia juga mengingatkan tentang Perjanjian Kerjasama antara Kejaksaan Negeri Batu dengan Pemerintah Desa dan Kelurahan Se- Kota Batu terkait Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum dan Tindakan Hukum Lainnya telah habis masa berlakunya.

Untuk itu dalam kesempatan tersebut, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Batu dan para Kepala Desa dan Lurah Se-Kota Batu sepakat untuk segera melaksanakan perpanjangan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama tersebut.(nas.gat)

Tags: