Kelestarian Alam Batu Jamin Air di 14 Kabupaten/Kota

7-foto B sup-Kabag Humas dan Kadishutan menarik rantai katrol untuk menegakkan pohon PuleiKota Batu, Bhirawa
Wilayah Kota Batu merupakan Hulu sungai Brantas. Titik nol sungai Brantas tersebut berada di Arboretum Kelestarian alam kota Batu akan menjamin kelestarian air bersih dan irigasi di 14 kabupaten/kota di Jawa Timur. Tak hanya itu, air sungai Brantas juga digunakan untuk pembangkit listrik untuk mensuplai kebutuhan listrik jaringan Jawa Bali.
Oleh karena itu, jika sampai di daerah hulu sungai Brantas rusak, maka akan berdampak besar bagi aktifitas kehidupan di 14 kabupaten/kota tersebut. Demikian ditegaskan Wakil Wali kota Batu, Punjul Santoso saat memimpin Gerakan Penanaman 1 miliar pohon yang dipusatkan di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bodas, Minggu pagi (14/12).
Ditambahkan, mengingat pentingnya kelestarian alam dan hutan Kota Batu tersebut, maka gerakan penanaman 1 miliar pohon ini difokuskan ke daerah kritis, pinggiran hutan dan DAS Brantas. “Semua lapisan masyarakat bahu membahu untuk mensukseskan gerakan ini. Namun tidak sekedar menanam, karena menanam tanpa dipelihara juga akan sia-sia. “Tiga bulan lagi kita akan kembali melihat pohon yang telah kita tanam hari ini,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Pertanian Arief As Sidiq mengungkapkan bahwa dalam gerakan penanaman 1 miliar pohon telah disebar 60 ribu bibit yang berusia minimal 2 tahun. Ada sejumlah jenis pohon yang ditanam, seperti Pulei, Bodi, Asem dan berbagai bibit tanaman buah-buahan. “Khusus untuk di Tahura kita tanam 13 pohon Pulei dan Bodi yang berusia 13 tahun. Ini sekaligus menandai usia Kota Batu yang ke-13,” tegasnya.
Karena usianya yang cukup tua, pohon-pohon tersebut ukurannya sangat besar. Bobotnya berkisar antara 4 hingga 5 ton. Sehingga dalam proses pengangkutannya harus menggunakan katrol rantai. “Harganya termasuk pemeliharaan dan garansi penggantian kalau mati antara Rp10 juta hingga Rp15 juta. Biar cepat kelihatan rimbun dan hijau mas,” tuturnya.
Usia melakukan penanaman pohon di Tahura Bodas, Wawali Punjul Santoso dan Ketua Tim Penggerak PKK Ny Dewanti Rumpoko kemudian melanjutkan peninjauan kegiatan serupa di dusun Toyomerto lereng Gunung Panderman. [sup]

Keterangan Foto : Proses penanaman pohon di Tahura Bodas harus dibantu katrol rantai karena pohonnya yang begitu besar. (supriyanto/bhirawa)

Tags: