Kembali Bertambah Satu Orang Kasus Positif Covid-19 di Kota Blitar

Tampak Tim Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar saat mengevakuasi Kasus Positif Covid-19 Perempuan 54 tahun dirumahnya Kelurahan Klampok Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, Minggu siang (14/6). (Hartono/Bhirawa)

Kota Blitar, Bhirawa
Berkembang dari kasus terkonfirmasi Positif Virus Corona (Covid-19) seorang laki-laki berusia 61 tahun berasal dari Kelurahan Klampok Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, kini bertambah lagi 1 orang terkonfirmasi Positif yang juga Istri pasien.
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, dr. Mohammad Muchlis mengatakan ada penambahan lagi sebanyak satu kasus terkonfirmasi Positif Virus Corona (Covid-19) di Kota Blitar, yakni seorang perempuan berumur 54 tahun di Kelurahan Klampok yang merupakan istri dari kasus konfirmasi Kelurahan Klampok Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Sehingga jumlah kasus positif di Kota Blitar sebanyak 5 kasus.
“Dari hasil pemeriksaan Swab yang bersangkutan dinyatakan Positif, dan saat ini pasien langsung diisolasi di Rumah Sakit rujukan Covid-19 di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar,” kata dr. Mohammad Muchlis.
Lanjut dr. Mohammad Muchlis, setelah pihaknya menerima laporan hasil Swab dinyatakan Positif Covid-19, pihaknya langsung menerjunkan Tim Kesehatan untuk melakukan penjemputan perempuan berumur 54 tahun di rumahnya Kelurahan Klampok Kecamatan Sananwetan Kota Blitar sekitar pukul 12.30 WIB, Minggu siang (14/6).
“Pasien kami jemput dari rumahnya menggunakan Ambulance dengan petugas berAPD lengkap untuk dilakukan perawatan di rumah sakit rujukan, setelah itu rumah dan sekitarnya dilakukan penyemprotan disinfektan,” jelasnya.
Ditambahkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ( P2P) Dinkes Pemkot Blitar, Didik Djumianto, pada kasus sebelumnya diakui ada sebanyak 11 orang yang terdiri dari 1 laki-laki dan 10 perempuan merupakan kontak erat kasus konfirmasi Kelurahan Klampok laki-laki berusia 61 tahun, dimana pada tanggal 10 Juni 2020 dilakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) dengan hasil 9 Non Reaktif dan 2 Reaktif.
“Dari 2 orang Reaktif ini kemudian dilakukan Swab, dan hasil Swabnya ternyata 1 positif yakni perempuan berumur 54 tahun yang juga istri pasien positif sebelumnya, dan 1 orang lagi sampai saat ini juga belum keluar hasil Swabnya yang kini menjalani isolasai mandiri dirumahnya,” terang Didik Djumanto.
Selain itu dikatakan Didik, pihaknya juga telah melakukan Rapid Test kepada 14 tenaga kesehatan di salah satu RS Swasta Kota Blitar yang merupakan kontak erat kasus konfirmasi Kelurahan Klampok, dimana hasilnya ada 6 orang dinyatakan Reaktif yakni 1 orang penduduk Kota Blitar dan 5 orang warga Kabupaten Blitar. Sedangkan sisanya sebanyak 8 orang dinyatakan Non Reaktif yakni 4 orang warga Kota Blitar dan 4 orang warga Kabupaten Blitar.
“Dari 6 orang yang dinyatakan Reaktif Rapid Test, setelah dilakukan pemeriksaan Swab yang sudah keluar sebanyak 5 orang dengan hasil negatif dan 1 orang belum keluar dan yang bersangkutan masih melakukan isolasi di rumah sakit,” ujarnya.
Sementara perlu diketahui update data harian perkembangan kasus COVID-19 Dinas Kesehatan Kota Blitar pada tanggal 14 Juni 2020, Jumlah Orang Dalam Risiko (ODR) ada 2.328 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) ada 118 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 210 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 7 orang dan terkonfirmasi Positif sebanyak 5 orang yang sebelumnya hanya 4 orang dengan perincian proses perawatan ada 2 orang, dan 3 orang sebelumnya telah dinyatakan sembuh. (htn)

Tags: