Kembangkan Minat Baca Melalui Dongeng

11- Minat Baca-Ach-2Sidoarjo, Bhirawa
Banyak cara melakukan terobasan agar minat baca tak membosankan, lebih tenang dan lebih menyenangkan. Itulah yang dilakukan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kab Sidoarjo. Yakni mengembangkan minat baca melalui lomba mendongeng sejarah asli Sidoarjo.
Lomba yang diikuti pelajar tingkat SD/MI se Kab Sidoarjo itu, telah digelar secara bergantian di halaman Kantor Perpus dan Arsip, Selasa(10/6) diikuti wakil-wakil UPTD Dinas Pendidikan di masing-masing kecamatan.
Kepala Kantor Perpustaan dan Arsip, Drs Sutjipto MM mengatakan, pihaknya harus kreatif dan inovatif untuk melakukan berbagai macam terobosan agar para pelajar saat membaca tak membosankan. Kalau mereka tak bosan dan mulai senang membaca, pasti anak-anak akan senang mencari buku bacaan. ”Kami tinggal menyediakan kebutuhan buku apa yang diminati oleh anak-anak,” katanya.
Disamping itu, program sosialisasi terhadap Perpustakaan untuk meningkatkan minat baca secara tak langsung juga bisa mengena. Sedangkan lomba mendongeng ini juga harapannya untuk meningkatkan minat baca. Karena kriteria cerita yang dibuat mendongeng adalalah cerita budaya asli Sidoarjo dan sudah dibukukan. ”Jadi selain sosialisasi, melestariskan budaya lokal juga mengena,” jelas Sutjipto.
Kondisi ini benar-benar dirasakan salah satu peserta lomba dongeng Dewi Rasa Wulan siswi kelas 4 SDN Simokembangan Asri 1, Kec Balongbendo. Ia mengaku semenjak senang mendongeng, secara otomatis juga gemar membaca. ”Mendongeng itu asyik dan seru, juga menambah ilmu pengetahuan,” katanya.
Siswi yang sering menjadi juara kelas ini juga¬† mengaku, mulai gemar mendongeng sejak kelas 3 SD. Dari situ akhirnya Ia juga mengaku sering membaca buku-buku cerita legenda, cerita rakyat. ”Pokoknya senang sekali, saya berharap nantinya bisa menjadi pemenang nomor satu,” ujar Dewi yang pernah juara I tingkat kecamatan. [ach]

Keterangan Foto : iswi kelas IV SDN Simokembangan Asri 1 saat mendongeng dengan peragaan Ande-ande Lumut. [achmad suprayogi/bhirawa]

Rate this article!
Tags: