Kembangkan Pariwisata Lewat MoU Lintas Wilayah

Wisata Gunung Bromo di Probolinggo, dipadati wisatawan domestik.

Wisata Gunung Bromo di Probolinggo, dipadati wisatawan domestik.

Pemprov Jatim, Bhirawa
Di Jawa Timur terdapat 722 objek wisata yang patut dikunjungi wisatawan baik mancanegara maupun nusantara. Namun, berkunjung ke objek wisata Jatim tidak bisa hanya dilakukan dalam waktu sehari. Ke depan, diharapkan pengembangan kepariwisataan lintas wilayah yang masuk dalam rencana induk kepariwisataan, bisa memudahkan wisatawan berkunjung ke Jatim.
Untuk itu, dalam waktu dekat, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim berencana mengumpulkan Kepala Dinas Pariwisata yang ada di Kabupaten/Kota di Jatim. Hal ini berkaitan juga upaya pengembangan pariwisata per wilayah yang ada di Jatim.
Misalkan saja, wilayah Barat Jatim terdapat Gunung Wilis dimana di wilayah tersebut terdapat enam kabupaten/kota misalkan saja Trenggalek, Madiun, Ponorogo, Nganjuk, dan Kediri.  “Nantinya ada MoU terhadap enam kab/kota untuk menjadikan kawasan itu sebagai Cincin Wilis,” kata Kepala Disbudpar Jatim, Dr H Jarianto MSi, Selasa (1/9).
Begitupula dikawasan Gunung Argopuro, lanjutnya, terkenal dengan Rengganis antara Situbondo, Bondowoso, Jember , dan Probolinggo. “Kawasan ini juga perlu dirintis MoU sehingga jika ke Argopuro yang diidolakan masyarakat,” katanya lagi.
Untuk itulah, lanjutnya, dalam pertemuan bersama Kadis Pariwisata Kab/kota akan membahas pengembangan kepariwisataan yang nantinya masuk dalam rencana induk kepariwisataan di Jatim.  “Nantinya, dalam pertemuan tersebut dikoordinasikan bersama diantaranya aksesibilitas lintas wilayah,” ujarnya.
Sebelumnya, Jarianto juga mengatakan, pada tahun ini pihaknya akan eksplor tiga obyek wisata baru yang bisa dijadikan jujugan wisatawan baik wisatawan mancanegara dan nusantara. Yakni, Kawah Ijen tapi dari sisi Bondowoso, seperti Kawah Wurung di Ijen yang merupakan obyek baru, kemudian Anak Kelud di Kediri, dan Pantai Batukarung Pacitan.
Biasanya objek wisata alam masih menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Selain itu, efek Gunung Raung beberapa waktu lalu juga berpengaruh besar terhadap kunjungan wisatawan, terutama yang berasal dari luar negeri ke Jatim.
Sampai saat ini, beberapa obyek wisata yang sering dikunjungi wisman adalah Gunung Bromo, Kawah Ijen, Museum House of Sampoerna, Ciputra Waterpark Surabaya, Megalitikum Bondowoso dan Kalisat perbatasan Jember-Bondowoso.
Sedangkan wisatawan nusantara, lebih banyak ke objek wisata religi.Untuk jenis wisata itu, Jatim dianggap unggul sebab sebagian besar makam Wali Songo tersebar di Jatim. Selain itu, Jatim juga akan menjadi primadona sebab terdapat makam Gus Dur (Abdulrrahman Wahid) di Jombang dan makam Bung Karno (Soekarno) di Blitar. [rac]

Tags: