Kemendikbud Nyatakan 14 Provinsi Siap Sekolah Tatap Muka

Jakarta, Bhirawa.
Dari 34 provinsi di Indonesia, ada14 provinsi yang dinyatakan siap melaksanakan sekolah tatap muka, oleh Kemendikbud. Merespon hal itu, Ketau DPD RI La Nyalla Matalitti minta, pelaksanaan sekolah tatap muka, agar dilaksanakan bertahap. Dengan menjalankan protokol kesehatan (prokes) yang maksimal dan kondisi ruang belajar dan gedung sekolah yang memenuhi standar kesehatan.

“Kita sangat menyadari, jika para siswa sudah sangat rindu kembai ke bangku sekolah. Belajar dengan tatap muka, tentu saja memiliki ikatan perasaan, dalam proses belajar mengajar. Untuk 14 provnsi yang dinyatakan siap membuka kembali sekolah tatap muka, hendaknya melakukan bertahap. Jangan tergesa-gesa,” pesan La Nyalla.

Diingatkan, kembali ke sekolah tatap muka, jangan dilakukan langsung sekaligus 100%. Tapi diakukan bertahap, mengingat masih ada dan terjadi kasus-kasus guru atau tenaga lain serta siswa yang terpapar Covid-19. Untuk itu, harus dipastikan dulu  keamanan siswa, guru serta perangkat sekolah lainnya, sebelum sekolah tatap muka dimulai.

“Sekolah wajib menjalankan Protap pelaksanaan sekolah tatap muka, dengan tahapan yang telah ditetapkan. Pemda yang akan membuka sekolah tatap muka, harus betul betul menyiapkan dan memastikan keamanan nya. Jangan sampai setelah dibuka, justru sekolah menjadi klaster pandemi Coviud-19,” pesan La Nyalla.

Ke 14 provinsi yng ingatkan siap melaksana kan sekolah tatap muka tersebut adalah provinsi Jawa Barat, DI Yogyakarta, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Bali, NTB, Maluku Utara, Bangka Belitung, Kepulauan Riau. [ira]

Tags: