Kemendikbud RI Gelar OSN 2014

Ratusan siswa SMA Negeri dan swasta se Kabupaten Situbondo tampak intensif mengikuti pelaksanaan OSN di gedung STKIP PGRI, Jumat pagi kemarin (4/4). [sawawi/bhirawa]

Ratusan siswa SMA Negeri dan swasta se Kabupaten Situbondo tampak intensif mengikuti pelaksanaan OSN di gedung STKIP PGRI, Jumat pagi kemarin (4/4). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Guna untuk menemukan bibit pelajar yang cakap dan potensial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, melalui Dinas Pendidikan (Dipendik) Kabupaten Situbondo menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jumat (4/4).
Acara pelaksanaan OSN 2014 tersebut dibuka langsung Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan  Kab Situbondo, Agus HP MPd, di lantai II Gedung STKIP PGRI Situbondo, sekitar pukul 08.00 wib, kemarin.
Menurut Agus HP, kegiatan OSN tingkat kabupaten tahun 2014 ini dibuka untuk kalangan SMA Negeri dan swasta se Kabupaten Situbondo. program ini, kata Agus HP, merupakan gagasan Direktorat SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang rutin di selenggarakan tiap tahun, dengan tujuan untuk menggali potensi siswa dibidang akademik. “Tahun ini ada 9 mata pelajaran yang dilombakan. Diantaranya, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Komputer, Geografi dan Kebumian,” urai Agus HP.
Pria yang kini masih merangkap sebagai Kepala Seksi SMA Dipendik Kab Situbondo itu menambahkan, jumlah peserta OSN tahun 2014 ini lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu. Betapa tidak, ujar dia, tahun 2013 hanya berkisar 220 dan sebaliknya tahun ini berjumlah 286 peserta.
“ini menandakan, animo¬† sekolah dan siswa untuk ikut serta dalam kegiatan OSN sangat luar biasa. Diharapkan, nantinya potensi anak semakin bertambah, mengingat keinginan mengikuti lomba OSN kian meningkat,” ungkap Agus HP.
Kondisi ini pula, sambung Agus HP, mengindikasikan sebagai hal yang positif, karena anak didik menganggap OSN sebagai sesuatu hal yang bergenggsi dan unggulan karena terkait dengan prestasi akademik. “Pemerintah Pusat menjanjikan bagi peraih juara I tingkat Kabupaten disediakan dana pendidikanm melalui Direktorat SMA. Sebaliknya, peraih juara I, II dan III hasil dari seleksi Kabupaten akan dikirim ke tingkat Provinsi Jatim. Nanti jika meraih juara 1 tingkat Provisni Jatim otomatis akan dikirim ketingkat nasional,” tegas Agus.
Agus juga berharap, semua peserta memiliki semangat yang besar sehingga bisa maju ke tingkat nasional. Sebab, pada tahun lalu, ada salah satu siswa SMAN I Situbondo mampu tembus level nasional dibidang mata pelajaran komputer.
“Dia sebelum masuk tingkat nasional, mampu masuk rangking 3 ditingkat Provinsi Jatim. Ini tercapai berkat peran serta guru dan sekolah yang rutin memberikan motvasi kepada anak didiknya sehingga ikut andil dalam kegiatan pengembangan potensi akademik. Semoga tahun ini prestasi akademik Kab Situbondo semakin meningkat lagi,” pungkas Agus. [awi]

Rate this article!
Tags: