Kemenkumham Gandeng Pemprov Jatim Maksimalkan Klinik HKI

Kadiv Yankumham, Subianta Mandala beserta jajaran berkoordinasi dengan Wagub Jatim, Emil Elestiano Dardak terkait peranan Klinik HKI, Senin (9/11).

Surabaya, Bhirawa
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jatim berkoordinasi dengan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Elestiano Dardak, Senin (9/11),mengoptimalkan program Klinik Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang akan diluncurkan Kanwil Kemenkumham Jatim.

Koordinasi ini dilangsungkan di Kantor Gubernur Jawa Timur, Jl Pahlawan Surabaya. Dalam kedatangannya Kadiv Yankumham, Subianta Mandala didampingi oleh Kabid Yankum, Mustiqo Vitra; Kasubid Pelayanan KI, Pahlevi Witantra dan Kasubaghumas RB TI Ishadi Maja Prayitno ini menjelaskan terkait layanan Kekayaan Intelektual di Jatim. Diantaranya terbentuknya Klinik HKI.

“Bahwa Klinik HKI menjadi sangat penting karena dapat mempermudah masyarakat di daerah yang ingin mendaftarkan diri terkait produk yang dimilikinya,” jelas Subianta Mandala.

Subianta menambahkan, selain memberikan perlindungan hukum dan pendorong kreatifitas. Klinik HKI ini juga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing produk Indonesia. Sehingga dapat bersaing dengan produk lainnya.

Sinergitas ini disambut baik oleh Wagub Jatim. Pihaknya pun akan mendukung progam layanan KI (Kekayaan Intelektual). Sebab nantinya klinik ini akan tersebar di Bakorwil yang ada di Jatim. Pihaknya pun mengaku dengan adanya klinik ini, akan memudahkan masyarakat yang ingin mendaftar KI.

“Klinik ini bisa juga sebagai tempat konsultasi masyarakat, sehingga perannya cukup vital,” ungkap Emil.

Emil berpesan agar dibuatkan pelatihan terlebih dahulu. Sehingga tenaga layanan KI yang ada di Bakorwil dapat mengetahui dasar-dasar pelayanan KI. Sehingga bisa tepat sasaran Klinik HKI di masyarakat.

“Bakorwil punya peran bagus. Maka dari itu program KI ini harus ditingkatkan sesuai dengan tupoksinya,” pungkasnya. [bed]

Tags: