Kemenperin Ajak IKM Jatim Pameran di Swiss

Beberapa karya industri kecil dan menengah (IKM) di Galeri Huraira Leather Bag (HLB) di Surabaya, Selasa (27/2).

Surabaya, Bhirawa
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI berkomitmen mendukung perkembangan industri kecil dan menengah (IKM), dengan cara memfasilitasi melalui kegiatan berupa pameran dan promosi lainnya.
“Kami pasti mendukungnya, terlebih IKM-IKM yang memiliki potensi bagus dan berkembang,” ujar Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibaningsih, di sela kunjungannya ke Galeri Huraira Leather Bag (HLB) di Surabaya, Selasa (27/2).
Huraira Leather Bag (HLB) sendiri merupakan satu-satunya IKM produk kulit premium asal Kota Surabaya yang namanya sudah dikenal secara internasional. Pihaknya berharap dengan keterlibatan IKM-IKM, termasuk yang ada di daerah, berkegiatan di tempat atau bahkan negara lain maka akan semakin memperkenalkan produk Indonesia ke internasional.
Selain itu, bentuk fasilitas yang diberikan yakni memasarkannya secara dalam jaringan (online) dan luar jaringan (offline) untuk diperkenalkan lebih luas. “Salah satunya seperti yang dilakukan HLB ini, pemasarannya sangat luar biasa dengan ‘offline’ maupun ‘online’. Tapi, manfaat melihat di lokasi bisa mengetahui kualitasnya secara langsung,” ucapnya.
Menurut dia, produk-produk yang dihasilkan HLB sangat kreatif dan berkualitas karena tak hanya asal membuat, tapi juga berdasarkan desain hampir sempurna.
Sementara itu, pemilik HLB, Siti Hurairah mengapresiasi upaya Kemenperin RI mendukung dan memfasilitasi produk-produk IKM agar lebih berkembang sekaligus dikenal di mancanegara. Terdekat, pihaknya akan mengikuti pameran kelas internasional seperti Taiwan Week pada 21-27 Maret 2018 dan Mustermesse Basel di Swiss pada April mendatang.
Di Taiwan, temanya nanti adalah “bridge” atau jembatan. Kami nanti mempromosikan jembatan yang menjadi ciri Jawa Timur, yaitu Suramadu sekaligus sebagai inspirasi,” katanya.
Ia juga menargetkan memperkenalkan sekaligus memasarkan produk-produk karya IKM dalam negeri tidak kalah dengan produk asing serta mampu bersaing. [iib]

Tags: