Kementrian PAN-RB Apresiasi Peningkatan Kualitas Layanan Publik Polres Kota Batu

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB RI, Prof Dr Diah Natalisa MBA saat melaksanakan kunjungan kerja ke Mapolres Batu, Sabtu (27/3)

Kota Batu,Bhirawa
Kementian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI mengapresiasi peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan Polres Batu. Hal ini disampaikan langsung Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB RI, Prof Dr Diah Natalisa MBA saat melaksanakan kunjungan kerja ke Mapolres Batu, Sabtu (27/3). Dari inovasi yang ada, sang deputi optimis Polres Batu bisa segera mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Diah Natalisa mengatakan banyak perubahan yang sudah dan akan dilakukan Polres Batu semenjak kedatanganya pada tahun 2018 silam. “Saya yakin Polres Batu bisa mencapai pelayanan prima. Saya melihat pak Kapolres bersemangat untuk membuat Polres Batu menuju pelayanan prima dengan dukungan seluruh anggota,”ujar Diah dalam sambutannya, Sabtu (27/3).

Selama kunjungannya, rombongan Kemenpan RB ini mendapatkan pemaparan terkait berbagai inovasi pelayanan publik yang dibuat Polres Batu. Mulai dari pelayanan SKCK, SPKT, SATPAS SIM, serta penghargaan- penghargaan yang telah diterima oleh Polres Batu .

Perubahan mencolok terlihat pada pembuatan gedung baru Sentra Pelayanan Kepolisian terpadu (SPKT), Call Centre 110, dan Comand Centre yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Diah berpesan agar kebijakan- kebijakan yang dilaksanakan berjalan searah sehingga bisa berdampak pada peningkatan kinerja satker lain.

“Penghargaan bukan menjadi tujuan. Tapi tujuan utama adalah kepuasan masyarakat yang akan menilai masyarakat sendiri dan instansi lain. Kami yakin inovasi di Polres Batu bisa meningkat lagi sehingga bisa masuk menjadi salah satu jajaran Top Inovator,” harap Diah.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo SIK MH juga memperkenalkan terobosan Mobil Pintar Polres Batu. Inovasi yang digagas Kasat Binmas merupakan solusi untuk membantu mencerdaskan masyarakat di tengah pandemi Covid 19. Karena keberadaan mobil tersebut dilengkapi dengan ratusan buku yang dapat dibaca oleh masyarakat.

“Kami akan terus berbenah dan memperbaiki apa saja yang masih dirasa ada kekurangan dalam pelayanan kami ke masyarakat. Dan kami juga berterima kasih atas masukan dari kementerian yang bisa dijadikan modal Polres Batu untuk mewujudkan pelayanan prima,” ujar Kapolres.

Diketahui, pada pekan lalu Polres Batu juga membuat inovasi Program Seribu Mata yang diintegrasikan dengan aplikasi Apel Batu. Inovasi ini bertujuan mewujudkan wisata yang aman, sehat, bersih dan nyaman. Dan untuk melaksanakan program ini, Polres Batu telah membuat Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan kerja sama dengan PHRI Kota Batu.

Lewat MoU ini, Polres Batu dan seluruh anggota PHRI menyepakati penggunaan aplikasi CCTV Seribu Mata dan Apel Batu yang ada di hotel, restaurant dan obyek wisata untuk kepentingan pariwisata dan keamanan.(nas)

Tags: