Kemnaker Bekerjasama Kementan Latih Literasi Keuangan Petani Milenial

Lucia Hartiningtyas Mardiasari

Jakarta, Bhirawa. 
Merespon besarnya minat kalangan muda (milenial) untuk menjadi petani, Balai Besar Peningkatan Produktifitas (BBPP) Kementerian Tenagakerja (Kemnaker), memberikan pelatihan bidang pemahaman literasi keuangan tingkat dasar. Kegiatan itu dilakukan bekerjasama dengan Badan Pemulihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPP SDM) Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan).

“Kementan akan memberikan pelatihan bidang pemahaman literasi keuangan tingkat dasar. Lalu nantinya mereka akan dapat menjadi Trainer soal pengelolaan keuangan kepada petani milenial. Sehingga uang untuk usaha dan uang rumah tangga harus dipisah,” papar Plt BBPP Kemnaker, Lucia Hartiningtyas Mardiasari, Selasa [29/6).

Lucia lebih jauh mengatakan, tujuan pelatihan ini, untuk menciptakan kesempatan bagi pemuda-pemudi, khususnya di wilayah pedesaan. Guna mengembangkan ekonomi mereka, melalui kewirausahaan dan pengembangan usaha. Atau dengan menambah lebih banyak lagi peluang kerja bagi mereka. Sehingga akan dapat meningkatkan kontribusi mereka untuk mentranformasikan wilayah pedesaan secara berkelanjutan dan menyeluruh. 

“Salah satu agenda yang tertuang dalam 

Pelatihan Dasar Bagi Pelatih Literasi Keuangan Tingkat Dasar, program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS) adalah penguatan BPP, yng berada di 4 provinsi.

Yakni provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan,” ungkap Lucia. 

Dikatakan, BPP akan menjadi sentra koordinasi dan kegiatan petani milenial dalam mengembangkan usahanya. Untuk provinsi Jawa Barat, dilatih di BBPP Bekasi, berasal dari Sukabumi, Subang, Tasikmalaya dan Cianjur. Mereka yang mengikuti program YESS akan menerima pendidikan keuangan.

Selanjutnya, mereka akan menjadi Trainer bagi masyarakat luas. Hal ini untuk meningkat kan pemahaman literasi keuangan ada target sasaran program. Yang relatif kurang memadai serta kurangnya pengetahuan di bidang keuangan. 

Berdasarkan hal itu, maka pelatihan ini bertujuan menghasilkan tim pelatih literasi keuangan tingkat dasar. Yang akan memfasilitasi kelompoksasaran prgram YESS dalam hal mengakses pengetahuan jasa layanan keuangan,” jelas Lucia. 

Selain itu, imbuh Lucia, akan memandu dan mendampingi proses peningkatan kapasitas kelompok sasaran program YESS. Dengan demikian, seluruh peserta pelatihan, memiliki pemahaman yng sama terhadap kompetensi literasi keuangan tingkat dasar. Yang akan diterapkan kepada petani-petani milenial.

Dalam kesempatan itu, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Dr Idha Widi Arsanti menyatakan;  Kerjasama dengan Kemnaker ini untuk mengatasi krisis pertanian terhadap petani dengan menumbuhkan generasi petani milenial. 

“Pelatihan dasar bagi Pelatih pengelolaan keuangan untuk memberikan dasar pengelolaan keuangan. Yang nantinya akan di delivery kan kepada peatani-petani milenial,” papar Idha Widi Arsanti. [ira]

Tags: