Kenaikan Anggaran Banpol di Tulungagung Tunggu Rekom Gubernur Jatim

Bambang Triono

Tulungagung, Bhirawa
Anggaran bantuan partai politik (banpol) di Kabupaten Tulungagung hampir dipastikan bakal naik dalam tahun ini. Jika tahun sebelumnya Rp 1.818 per suara, pada tahun 2020 naik menjadi Rp 2.000 per suara.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tulungagung, Bambang Triono, Selasa (21/7), membenarkan jika ada kenaikan anggaran banpol tersebut. “Namun realisasinya masih menunggu rekomendasi dari Gubernur Jatim,” ujarnya.

Disebutkan dia, dalam rapat presentasi antara Pemkab Tulungagung dan Pemprov Jatim baru-baru ini sudah disepakati ada kenaikan anggaran dana banpol untuk partai politik yang mempunyai perwakilan di DPRD Tulungagung. Besarannya dari 1.818 per suara menjadi Rp 2.000 per suara. “Jumlah keseluruhan anggarannya untuk tahun 2020 menjadi sekitar Rp 1,2 miliar,” sambungnya.

Menurut Bambang Triono, sejumlah OPD lingkup Pemkab Tulungagung hadir dalam rapat presentasi bersama Pemprov Jatim itu. Yakni Bakesbangpol Kabupaten Tulungagung, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tulungagung dan Bappeda Kabupaten Tulungagung.

“Hasil rapat presentasi tim verifikasi dari Pemprov Jatim yang terdiri dari Bakesbangpol Provinsi Jatim, BPKAD Provinsi Jatim dan Bappeda Jatim sudah meng-acc (accoord/sepakat) kenaikan anggaran banpol untuk parpol di Kabupaten Tulungagung. Tinggal menunggu rekomendasi tertulis dari Gubernur,” paparnya.

Menjawab pertanyaan, mantan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung ini mengungkapkan pencairan dana banpol akan dilakukan setelah terbitnya rekomendasi tertulis dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. “Begitu ada rekomendasi tertulis dari Gubernur kami akan langsung mengundang parpol yang akan mendapat banpol untuk sosialisasi,” tuturnya.

Bambang Triono memperkirakan antara bulan Agustus sampai September 2020 diperkirakan dana banpol tersebut sudah cair setelah masing-masing parpol mengajukan proposalnya. “Pencairan baru bisa dilakukan pada bulan-bulan itu karena imbas pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Seperti diketahui ada 11 parpol di Kabupaten Tulungagung yang mempunyai wakil di DPRD Tulungagung. Kesebelas parpol itu adalah PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PKB, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Hanura, PKS, PPP dan PBB. (wed)

Tags: