Kenalkan Ilmu Jurnalistik, Ajak Siswa Kunjungi Media Radio

Upi Tisiana

Upi Tisiana
Sebagai pimpinan TK Al Amin Peduli Situbondo, Upi Tisiana tak hanya fokus dan menitikberatkan pada pendidikan bermain dan peningkatan karakter anak semata, tetapi juga memberikan tambahan ilmu-ilmu komunikasi. Caranya, Upi Tisiana mengajak siswa siswinya yang terdiri dari kelompok bermain (KB) dan TK (Taman Kanak Kanak) yang beralamat di Jalan Mawar Situbondo, melakukan kunjungan (studi banding) ke salah satu media elektronik di Situbondo, Radio Bhasa FM. Para siswa ini diperkenalkan beberapa penggunaan sistem alat komunikasi radio.
Menurut Upi Tisiana, selama ada di Radio Bhasa FM milik pondok pesantren (ponpes) Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo itu, para siswa di ajak melihat ke ruang siaran studio. Seperti layaknya di sekolah, ungkap Upi Tisiana, para siswa dan siswi ikut serta melakukan siaran, bernyanyi dan berdoa. “Kami ajak siswa-siswi TK Al-Amin mempelajari beberapa penggunaan alat media elektronik,” aku Upi Tisiana.
Upi Tisiana yang cukup lama menjabat Kepala Sekolah TK Al-Amin, itu menambahkan bahwa anak didiknya di bawa ke Radio Bhasa FM untuk memberikan edukasi dengan melihat langsung proses siaran radio. Upi Tisiana bahkan mengaku, kunjungan siswa dan siswi KB dan TK ke Radio Bhasa FM merupakan puncak kegiatan tematik tentang alat komunikasi. “Para siswa siswi TK Al Amin ini perlu tahu dan menguasai berbagai proses di radio sebagai alat komunikasi massa,” papar Upi Tisiana.
Wanita yang juga Ketua IGTKI (Ikatan Guru TK Indonesia) Cabang Situbondo itu menuturkan, melalui pengenalan alat-alat komunikasi massa tersebut, siswa siswi akan dapat menambah wawasan bagi anak didiknya dimasa mendatang. Selain mengajak para siswa melihat Radio Bhasa FM, menurut Upi Tisiana, puluhan anak didiknya juga diajak praktek langsung cara siaran radio. “Anak anak tampak sangat senang mencoba siaran langsung di studio Radio Bhasa FM. Ini merupakan rangkaian pendidikan dari kami kepada anak didik ditahun 2019,” pungkas Upi Tisiana. [awi]

Tags: