Kepala Daerah dari Kader PDIP Harus Penuhi Sepuluh Perintah Ketum PDIP

Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno (kanan) bersama Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto (kiri) [cahyono/Bhirawa]

Kab Malang, Bhirawa
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah menyiapkan sejumlah agenda bagi kadernya yang berhasil terpilih menjadi Kepala Daerah. Termasuk pasangan Bupati Malang HM Sanusi dan Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, yang resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Malang Periode 2021-2024 oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Hj Khofifah Indar Parawansa, pada Jumat (26/2).

Berdasarkan kongres PDIP yang digelar di Provinsi Bali, pada beberapa waktu lalu, kata Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno, Minggu (28/2), kepada wartawan, salah satunya perintah dari Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarno Putri adalah Dasa Prasetya Partai, yang berisi sepuluh perintah untuk membuat program-program kerakyatan. Seperti ideologi, kebhinekaan, kemanusiaan, anak-anak, perempuan, infrastruktur, ekonomi, keagamaan, birokrasi dan urusan-urusan yang berkaitan dengan lingkungan hidup,” jelasnya.
.
Sehingga, masih dia katakan, dirinya meyakini jika kesepuluh tugas tersebut bisa dilakukan oleh kader PDIP yang menjadi Kepala Daerah, yang diharapkan akan mendapat dampak positif dari rakyatnya. Sebab kesepuluh perintah tersebut berisi upaya-upaya tentang bagaimana seorang Kepala Daerah beserta wakilnya, untuk bisa membumikan Pancasila melalui program-program yang telah disusun sebelumnya. Sehingga untuk kepemimpinan HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto sebagai Bupati Malang dan Wakil Bupati Malang  akan bisa lebih berbenah. Dan tentunya terkait hal-hal yang masih menjadi pekerjaan rumah di Kabupaten Malang. 

“Salah satunya adalah infrastruktur pedesaan, yang di jalan protokol sudah diserahkan ke Provinsi Jatim. Tapi di pedesaan yang manjadi arus barang dan jasa dari desa, harus diperbaiki, yang selanjutnya untuk bisa meningkatkan di sektor pertanian,” ujar Untari.

Menurut dia, untuk peningkatkan lahan pertanian di Kabupaten Malang harus mencapai 40-50 persen. Sehingga peningkatan pertanian hal ini sebagai fokus PDIP untuk pembangunan pertanian di Kabupaten Malang. Karena di kabupaten setempat hingga saat ini sebagai basisnya, tanaman padi, jagung, tebu, dan perkebunan  lainnya. Selain itu, pasangan Bupati Malang juga harus menggiatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Karena sektor UMKM dan Koperasi juga perlu dibenahi, hal tersebut uga erat kaitannya dengan aktifitas ekonomi yang secara langsung ada di masyarakat. 

“Harus bisa menciptakan pasar, ada penjual dan pembeli. Sehingga  bagaimana menghidupkan kembali pabrik-pabrik dan juga meningkatkan ekonomi kerakyatan, termasuk memaksimalkan wisata desa dan lainnya,” tandas Untari, yang kini juga sebagai Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin). [cyn]

Tags: