Kepala OPD Positif Covid-19, Semua Pejabat Pemkab Probolinggo Dites Swab

Pejabat Pemkab Probolinggo dilakukan tes swab.[wiwit agus pribadi/bhirawa]

Pemkab Probolinggo, Bhirawa
Adanya pejabat Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Probolinggo yang positif covid-19 langsung ditindaklanjuti sesuai protokol kesehatan. Rabu (19/8) sore, semua pejabat di lingkungan pemkab langsung ikut tes swab. Mulai bupati, wabup, semua kepala OPD, sampai 24 camat.

Tes swab dilakukan di pendapa Kabupaten Probolinggo di Jalan Ahmad Yani, Kota Probolilnggo. Tes swab masal itu dilakukan sebagai salah satu upaya tracking dan mencegah penyebaran virus korona di lingkup Pemkab Probolinggo. Sebab, hampir semua kepala OPD dan camat merupakan kontak erat dari Direktur RSUD Waluyo Jati yang positif Covid-19.

”Tes swab masal ini menyikapinya adanya kepala OPD yang positif Covid-19. Karena kami semua ini masuk kontak erat dengan pasien,” kata Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo H.A Timbul Prihanjoko saat ditemui usai tes swab di pendapa.

Tes swab itu sendiri dilakukan secara terjadwal, sehingga tidak menyebabkan kerumunan. Mereka menjalani tes swab dengan diambil lendir dari lubang hidungnya. Nah, proses itu membuat semua yang dites swab mengeluarkan air mata.

”Semua yang datang ke sini pasti menangis. Padahal, tidak ada mutasian atau apa,” celetuk salah satu kepala OPD yang baru menjalani tes swab.

Wabup menjelaskan, selama ini pihaknya bersama para kepala OPD kerap menggelar rapat evaluasi untuk membahas peningkatan penanganan Covid-19. Namun, ternyata salah satu di antara peserta rapat ada yang positif Covid-19. Karena itu, kondisi tersebut langsung disikapi dengan melakukan tes swab masal.

”Nanti akan ada tes swab masal dua kali. Yaitu hari ini (kemarin, Red) dan besok (hari ini). Sesuai aturan, tes swab dua kali untuk memastikan hasilnya,” terangnya.

Dengan tes swab masal, dikatakan Wabup, bisa dilakukan upaya pencegahan penyebaran virus korona lebih cepat. Sehingga, saat ada yang terkonfirmasi positif Covid-19, bisa lebih cepat tertangani.

”Kami khawatir ada yang tertular Covid-19, jadi harus tes swab semua,” ujarnya

Lebih lanjut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo selain itu terus memeriksa tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Maron yang terpapar korona. Sampai Selasa 19/8, dipastikan delapan nakes positif Covid-19.

Pemeriksaan secara menyeluruh dilakukan oleh Gugus Tugas kepada seluruh pegawai Puskesmas Maron. Tujuannya, mengetahui tingkat sebaran kasus yang saat ini sedang terjadi. Proses pemeriksaan pun dilakukan secara bertahap.

“Bergantian pegawai Puskesmas Maron melakukan pemeriksaan. Sampai dengan hari ini (kemarin, Red) ditemukan delapan nakes yang positif,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr Anang Boedi Yoelijanto.

Seluruh pegawai yang dinyatakan positif itu, tidak menunjukkan gejala. Mereka semua dibawa ke rumah sehat untuk ditangani dan diawasi secara ketat. Hal ini akan dilakukan hingga nakes benar-benar dinyatakan sembuh. Dijelaskan Anang, nakes yang positif Covid-19 di Puskesmas Maron diketahui seminggu lalu. Temuan itu kemudian diperdalam dengan memeriksa nakes lain.

Hasilnya ditemukan beberapa nakes yang positif. Dan puncaknya pada Senin 17/8 sore, layanan kesehatan di Puskesmas Maron resmi ditutup. Puskesmas Maron pun disterilkan.

“Hasil dari pengembangan pemeriksaan, ternyata menular pada nakes yang lain. Melalui beberapa pertimbangan, yang salah satunya untuk memutus rantai penyebaran, maka layanan kesehatan sementara tidak diberikan,” tandasnya.

Kendati tidak ada layanan kesehatan, sebanyak 11 pegawai Puskesmas Maton yang dinyatakan negatif mulai masuk. Namun, hanya bersiaga di Puskesmas Maron untuk mengarahkan pasien yang hendak berobat.

Upaya tracing tetap dilakukan oleh Gugus Tugas secara luas dan mendalam, hingga kasus nakes yang dinyatakan positif benar-benar selesai. Termasuk mencari dan mengetahui kontak-kontak erat yang pernah dilakukan sebelum nakes dinyatakan positif.

“Terus kami telusuri siapa saja yang pernah kontak dengan mereka (nakes positif Covid, Red). Rapid test serta pemeriksaan swab akan dilakukan,” tambahnya.(Wap)

Tags: